RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Catatan Siar » Tips Sehat Saat Mudik

Tips Sehat Saat Mudik

mudikMitraFM.com– Mudik.. Mudik… Mudik… Siapa sih yang nggak suka tradisi lebaran yang satu ini? Mudik menjadi tradisi lebaran yang tak terpisahkan dari masyarakat kita.Berbagai macam cara ditempuh saat mudik agar sampai tujuan dengan selamat. Ada yang menggunakan kendaraan darat, laut bahkan udara.
Kesehatan adalah modal utama selain uang untuk mudik. Sudahkah Anda mempersiapkan kesehatan diri dan keluarga agar mudik berjalan lancar?

Berikut adalah kiat-kiat yang bisa Anda lakukan sebagai ikhtiar supaya mudik berjalan lancar dengan badan yang sehat:

Tidur cukup
Sebelum melakukan perjalanan jauh, sebaiknya tidur dulu selama 6-8 jam. Tidur cukup sangat diperlukan untuk menghimpun tenaga supaya tidak lemas selama dalam perjalanan. Terlebih lagi jika Anda berperan sebagai orang yang mengemudikan kendaraan, maka tidur cukup sebelum mengemudi merupakan hal yang sangat penting. Jika Anda tidak berperan sebagai pengemudi, Anda bisa memanfaatkan waktu dengan tidur selama dalam perjalanan.

Makan terlebih dahulu
Perjalanan mudik biasanya dilakukan ketika bulan Ramadhan, dimana umat muslim sedang berpuasa. Jika Anda memilih tetap berpuasa, hendaknya mempersiapkan diri dengan makan sahur dalam jumlah cukup. Makanan yang dipilih hendaknya makanan yang mengandung karbohidrat dan protein tinggi karena merupakan sumber tenaga bagi tubuh. Selain itu, jangan lupa mengonsumsi sayur dan buah karena sangat baik untuk pencernaan.

Konsumsi suplemen
Dibutuhkan kondisi kesehatan prima untuk menempuh perjalanan jauh yang melelahkan. Untuk itu, selain makan makanan yang bergizi, dianjurkan pula untuk mengonsumsi suplemen sebagai tambahan. Suplemen dari bahan alami seperti habbatussauda’ dan madu bisa menjadi pilihan. Hindari suplemen yang mengandung kafein karena hanya akan memberi kesegaran badan sesaat saja. Suplemen hanya bersifat sebagai tambahan, oleh karena itu jangan lupa untuk mengonsumsi makanan bervitamin, seperti sayur dan buah.

Bawa bekal secukupnya
Untuk menunjang kelancaran mudik, persiapan bekal makanan dan minuman sangatlah penting. Apalagi jika jarak yang ditempuh cukup jauh dan memakan waktu lama. Dengan membawa bekal makanan sendiri, kita tidak perlu lagi membeli makanan atau minuman di jalan. Selain lebih bersih dan sehat, bekal makanan dari rumah jelas sudah disesuaikan dengan kebutuhan dan selera kita masing-masing.

Sebaiknya membawa bekal secukupnya saja supaya barang bawaan kita tidak terlalu banyak dan perjalanan menjadi tidak nyaman. Jika kita menggunakan kendaraan umum, hindari menerima tawaran makanan dari orang asing. Hal ini mengingat maraknya kejahatan perampokan dengan pembiusan yang bermotif menawarkan makanan atau minuman pada para pemudik.

Bawa obat-obatan yang diperlukan
Bawa kotak P3K dan obat-obatan yang sekiranya diperlukan selama di perjalanan. Bagi penderita penyakit tertentu seperti kencing manis misalnya, hendaknya mempersiapkan apa saja yang harus dibawa ketika perjalanan terkait dengan penyakitnya seperti kartu identitas diabetes, obat-obat yang biasa dikonsumsi, dan alat cek gula darah (glukometer dan stripnya). Begitu juga bagi penderita penyakit lainnya yang membutuhkan persiapan secara khusus supaya tidak mengalami kendala selama perjalanan.

Cukup istirahat
Manfaatkan waktu selama perjalanan untuk tidur atau sekedar merilekskan tubuh. Istirahat sangat penting bagi pengemudi atau supir karena terkait dengan konsentrasi selama mengemudi. Salah satu faktor yang turut menyumbang banyaknya kasus kecelakaan adalah pengemudi atau supir dalam keadaan mengantuk. Untuk itu, jangan sepelekan istirahat. (Choirin Fitri/ Sapa Bunda)

Baca Juga

Juara 1 di Kabupaten, Santriwati ini Melaju ke Hifdzil Quran Tingkat Propinsi

Juara 1 di Kabupaten, Santriwati ini Melaju ke Hifdzil Quran Tingkat Propinsi

MitraFM.com – Juara 1 di Kabupaten, Santriwati ini Melaju ke Hifdzil Quran Tingkat Propinsi. Torehan prestasi menjadi ...