RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Catatan Siar » Kotak Tisue dari Kardus dan Koran bekas

Kotak Tisue dari Kardus dan Koran bekas

kotakMitraFM.com– Barang bekas sering berada di sampah daripada dimanfaatkan menjadi barang lain yang berguna. Padahal,  permasalahan sampah makin hari makin susah terselesaikan.  Memanfaatkan barang bekas menjadi barang pakai adalah hal yang sepatutnya dilakukan.

Anda tidak perlu membuang kardus bekas sepatu atau sandal karna Anda bisa memanfaatkannya untuk tempat tissue. Koran yang selesai dibaca pun bisa menjadi hiasan uniknya.

Mari berkreasi membuat kotak tissue dengan kardus dan Koran bekas!

  1. Bahan:
    Karton, Kardus bekas sepatu, kertas Koran/majalah bekas secukupnya.
  1. Alat:
    Beberapa alat yang digunakan dalam proses pembuatan tempat tisu dari koran bekas antara lain sebagai berikut: Gunting, Penggaris, Pena/pensil (jika diperlukan), Double tape, Lakban
  1. Cara membuat tempat tisu:

Bagian 1 membuat gulungan kertas.
Potong kertas koran bekas menjadi dua bagian lalu gulung kertas tersebut sehingga menjadi bentuk seperti tongkat. Buatlah gulungan kertas ini sebanyak yang dibutuhkan. Usahakan gulungan memiliki besar yang sama dan gulungan tersebut rajin. Agar gulungan kertas tidak terlepas atau membuka kemabali, pada akhir gulungan kertas dikunci dengan menggunakan double tape.

Potong gulungan kertas sesuai dengan panjang, lebar,dan tinggi kotak sepatu yang ada.

Bagian 2 menempelkan gulungan kertas

Untuk bagian atas kotak tisu yang akan kita buat, buatlah lobang sesuai dengan ukuran tisu yang akan kita masukan. Ukurlah menggunakan penggaris panjang dan lebar yang akan dibuat lobang tersebut. Potonglah bagian yang tidak digunakan tersebut menggunakan gunting (kardus sepatu berlobang bagian atasnya)

Pasanglah double tape pada masing-masing ujung kotak sepatu, agar lebih kuat bagian tengah juga diberi dauble tape (ada tiga double tape untuk tiap sisi kotak sepatu).

Tempelkan gulungan kertas  yang sudah dipotong sesuai dengan ukuranya satu persatu dan usahan gulungan kertas tertata dengan rapi. Ikatlah bagian pinggir gulungan kertas yang sudah tertata tersebut dengan menggunakan lakban. Pemasangan lakban juga harus rapi agar kotak tisu yang kita buat nantinya juga rapi.

Tutuplah semua bagian kotak sepatu tersebut dengan menggunakan gulungan kertas, sehingga semua bagian kotak sepatu tersebut tertutup oleh gulungan kertas. Rapikan dengan menempelkan lakban pada ujung masing-masing sisi kotak sepatu.
(Choirin Fitri/ Sapa Bunda)

 

Baca Juga

Belajar Sehebat al Fatih

MitraFM.com– Dari sisi keshalihannya, Muhammad Al-Fatih disebutkan tidak pernah meninggalkan tahajud dan shalat rawatib sejak ...