RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Mitra Update
Home » Catatan Siar » Melembutkan Hati

Melembutkan Hati

hati lembutMitraFM.com– Saudaraku, hati yang lembut akan peka terhadap kebenaran. Sementara untuk melembutkan hati kita harus banyak berdzikir. Selebihnya dengan berdzikir akan memperoleh ketenangan.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: “Ketahuilah bahwa hanya dengan mengingat Allah, hati akan menjadi tenang.” (QS. Ar Ra’d : 28)

Sesungguhnya dzikir begitu mudah. Kapan pun dan dimana pun dalam keadaan apa pun kita bisa berdzikir. Mestinya setiap diri bisa melakukannya. Namun kenyataannya lisan tak selalu mudah diajak berdzikir. Astaghfirullah.

Saudaraku, membaca al Qur’an akan melembutkan hati. Semakin istiqamah orang membaca al Qur’an semakin lembut hatinya in sya Allah. Sebab semua penyakit hati obatnya adalah al Qur’an.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: “Dan Kami turunkan dari al Qur`an suatu yang menjadi penyembuh dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan al Qur`an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang dzalim selain kerugian.” (QS. al Isra`: 82)

Istiqamahkan diri membaca dan mentadabburi al Qur’an, in sya Allah hati kian lembut.

Saudaraku, raih lembutnya hati dengan berbagi kasih sayang. Siapa saja yang bisa menyayangi in sya Allah akan disayangi. Terlebih menyayangi orang-orang istimewa misalnya anak yatim.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:  “Sayangilah semua yang ada di bumi, niscaya Dzat yang ada di langit akan menyayangi kalian.” (HR. At-Tirmidzi)

Betapa beruntungnya orang yang disayangi Allah. Orang-orang yang disayangi Allah akan mendapatkan kenikmatan hidup. Mereka akan memperoleh kenyamanan dan ketentraman.

Saudaraku, jangan lupakan doa. Ia senjata orang mukmin. Ketahuilah segala sesuatu tergantung pada kehendak Allah. Pun demikian dengan urusan melembutkan hati. Maka kepada Allah kita meminta agar Dia berkenan melembutkan hati kita.

Dan, mohonlah agar terhindar dari kemalasan dalam memohon agar Allah.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallammengajarkan kita doa agar berlindung dari rasa malas. “Allahumma inni a’udzu bika minal ‘ajzi, wal kasali, wal jubni, wal haromi, wal bukhl. Wa a’udzu bika min ‘adzabil qobri wa min fitnatil mahyaa wal mamaat.”

(Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, rasa malas, rasa takut, kejelekan di waktu tua, dan sifat kikir. Dan aku juga berlindung kepada-Mu dari siksa kubur serta bencana kehidupan dan kematian).” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Saudaraku, melembutkan hati perlu istiqamah mengerjakan kebaikan, ketaatan dan menjauhi maksiat. Sebab ketaatan akan melembutkan hati sedang maksiat mengeraskan hati. Wallahu a’lam. (Kang Harits/ Muhasabah)

 

Baca Juga

Geliatkan Ekonomi Produktif Pesantren

Geliatkan Ekonomi Produktif Pesantren

MitraFM.com – Geliatkan Ekonomi Produktif Pesantren. Tantangan yang sangat kasat mata bagi umat Islam saat ini adalah ...