RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Mitra Update
Home » Catatan Siar » Mulia dengan Sabar

Mulia dengan Sabar

sabarMitraFM.com– Saudaraku, sabar itu keindahan. Ia sebuah kosa kata hidup yang paling menenteramkan. Sebab hanya dengan sabar hidup ini bisa dinikmati penuh kebahagiaan. Kenapa demikian, sebab wajah hidup itu adalah ujian dan cobaan. Itulah sebabnya rumus penyelesaiannya adalah sabar.

Sungguh, kelak orang yang bersabar atas ujian dan cobaan akan mendapatkan kemuliaan dan orang-orang akan iri melihat balasannya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:“Golongan ‘afiyah (orang-orang yang tidak mendapat cobaan) pada hari Kiamat nanti, ketika para ahlul bala’ (golongan orang-orang yang sering mendapat cobaan lalu bersabar) diberi pahala, maka golongan ‘afiyah mendambakan agar kulit mereka dicakar-cakar dengan cakar-cakar besi.”(HR. At-Tirmidzi)

Saudaraku, sabar akan berhadiah Surga. Apa balasan yang lebih indah dari Surga?

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Sesungguhnya Allah Subhaanahu Wata’aala berfirman: “Jika Aku menguji hamba-Ku dengan (mengambil) dua hal yang dicintainya, kemudian ia bersabar, maka Aku memberi ganti keduanya itu dengan Surga”. (HR. Al-Bukhari)

Dalam hadits Qudsi lain Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:“Sesungguhnya Allah Subhanahu Wata’ala berfirman: ‘Tak ada balasan dari-Ku kepada hamba-Ku yang beriman jika Aku telah mengambil seseorang yang amat dicintainya di antara penghuni bumi, kemudian ia menahan diri (bersabar), kecuali baginya balasan Surga.” (HR. Bukhari)

Saudaraku, betapa Surga adalah hadiah yang istimewa. Selebihnya adalah ampunan yang melimpah bagi orang-orang yang sabar. Keduanya sangat kita inginkan, Surga dan ampunan Allah. Bayangkan, betapa beruntungnya orang yang dibebaskan dosa-dosanya karena sabar atas ujian di dunia.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:“Senantiasa cobaan menimpa seorang mukmin dan mukminah terhadap dirinya, anaknya dan hartanya, (kemudian ia bersabar) sehingga ia bertemu Allah Ta’ala dalam keadaan tidak ada satu kesalahan pun pada dirinya.” (HR. At-Tirmidzi)

Baginya pula pengganti yang lebih baik. Ya, orang-orang yang bersabar atas ujian dan cobaan maka Allah akan menggangtinya dengan yang lebih baik, in sya Allah.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Jika seorang Muslim tertimpa musibah lalu ia mengatakan seperti apa yang Allah perintahkan kepadanya yaitu: “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un (sesungguhnya Kami adalah milik Allah dan sesungguhnya kepada-Nyalah kami kembali. (QS. Al-Baqarah: 156), Ya Allah berilah ganjaran pahala bagiku pada musibah ini, dan berilah bagiku penggantinya yang lebih baik dari apa yang telah menimpaku”, kecuali Allah akan mengganti untuknya dengan yang lebih baik dari itu.” 

Ummu Salmah berkata: Ketika Abu Salamah wafat, aku bertanya: “Siapakah yang lebih baik dari Abu Salmah sahabat Rasulullah? kemudian Allah memberiku kekuatan (untuk bersabar), lalu aku mengucapkannya (doa di atas)”, Ummu Salmah berkata: “Maka aku dinikahi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.”(HR Muslim). Wallahu a’lam.
(Kang Harits/ Muhasabah)

 

Baca Juga

Geliatkan Ekonomi Produktif Pesantren

Geliatkan Ekonomi Produktif Pesantren

MitraFM.com – Geliatkan Ekonomi Produktif Pesantren. Tantangan yang sangat kasat mata bagi umat Islam saat ini adalah ...