RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Mitra Update
Home » Catatan Siar » Cara Memunculkan Rasa Suka, Keinginan, dan Minat Membaca Buku

Cara Memunculkan Rasa Suka, Keinginan, dan Minat Membaca Buku

booksMitraFM.com- Buku adalah jendela ilmu pengetahuan, dimana dengan membaca buku kita bisa mendapatkan tambahan wawasan ilmu yang berguna bagi kita baik saat ini maupun di masa depan. Dibutuhkan minat, kemampuan membaca dan wawasan yang cukup untuk bisa memahami isi dari buku yang dibaca. Tidak semua buku baik untuk kita, karena ada banyak buku yang bisa menjerumuskan kita pada hal-hal yang negatif.

Terkadang seseorang yang sebenarnya ingin tahu banyak hal namun tidak mau membaca buku karena malas membaca. Sebenarnya untuk mendapatkan ilmu dan wawasan tidak hanya didapat dari buku saja, karena banyak sumber lain yang dapat menjadi pengganti buku seperti koran, majalah, percakapan, televisi, radio, film, seminar, pelatihan, dan lain-lain.

Berikut ini beberapa hal yang dapat diterapkan untuk meningkatkan minat dan keinginan untuk membaca banyak buku:

  1. Buka Buku Berdasarkan Minat atau Hobi

Jika Anda suka dengan dunia komputer, coba datang ke toko buku atau perpustakaan dan cari buku-buku tentang dunia komputer. Dari sana mungkin Anda bisa mulai menyukai mencari-cari tahu sesuatu yang Anda belum tahu atau yang selama ini Anda pertanyakan.

  1. Jawab Pertanyaan Anda Dengan Buku

Apakah Anda punya suatu pertanyaan yang ingin segera terjawab? Cobalah datang ke toko buku atau perpustakaan yang lengkap untuk mulai mencari tahu jawaban atas pertanyaan Anda. Misalnya Anda penasaran kenapa pohon mangga di pekarangan rumah Anda tidak kunjung berbuah. Cobalah cari buku-buku tentang tumbuhan mangga dan membacanya pelan-pelan untuk mendapatkan jawabannya.

  1. Iseng-Iseng Jalan-Jalan Ke Toko Buku Besar

Kalau Anda punya waktu luang, cobalah datang ke toko buku besar dan iseng berkeliling sambil melihat-lihat buku yang dijual di sana. Mungkin nantinya ada beberapa judul buku yang menarik perhatian Anda untuk menjamah, membuka dan kemudian membacanya dengan penuh ketertarikan.

  1. Berteman dengan Orang Yang Suka Membaca Buku (Kutu Buku)

Ada pepatah mengatakan bahwa berteman dengan tukang minyak wangi akan membuat kita jadi wangi karena terperciki parfum minyak wangi. Mungkin kalau Anda berteman baik dengan kutu buku yang hobi baca banyak buku mungkin dia akan merekomendasikan Anda suatu buku yang kira-kira kita akan suka membacanya.

  1. Mulailah Dari Apa Yang Anda Sukai

Kalau Anda benci membaca, mungkin Anda suka nonton tv atau nonton film. Cobalah Anda cari video-video pendidikan dengan topik yang membuat Anda tertarik untuk melihatnya. Nantinya dengan begitu diharapkan Anda akan mencoba lihat-lihat buku ketika ada film yang menimbulkan pertanyaan atau ingin tahu lebih lanjut mengenai sesuatu yang belum banyak versi videonya.

  1. Sediakan Waktu

Sediakan waktu minimal 15 menit setiap hari untuk membaca, abaikan dahulu untuk mengerti apa yang dibaca, biasakan dahulu diri kita untuk membaca. Nantinya dengan terbiasa membaca setiap hari akan menimbulkan kebiasaan untuk selalu ingin membaca

Semoga Anda bisa menjadi orang yang senang membaca buku untuk menambah ilmu pengetahuan dan sekaligus untuk hiburan Anda. (Choirin Fitri/ Sapa Bunda)

 

 

Baca Juga

Mengenal Kitab Tafsir Ibn Katsir

MitraFM.com-Salah satu kitab tafsir paling terkenal adalah kitab tafsir Ibnu Katsir. Telinga kita sudah begitu ...