RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Catatan Siar » Utamakan Akhirat

Utamakan Akhirat

akhiratMitraFM.com– Saudaraku, dunia dan akhirat tak pernah sebanding. Selamanya begitu. Tentang apa saja yang ada di dalamnya tak bisa dan layak dibandingkan. Ya, sebab dunia ini sementara dan akhirat kekal selamanya. Dunia hanya tempat menanam sedangkan akhirat tempat memetik. Meski kita harus mengerti bahwa begitu banyak orang yang gagal memetik karena tidak pernah menanam di dunia ini.

Karena akhirat lebih utama. Karena akhirat harus diutamakan. Itulah sebabnya Allah berfirman: “Carilah negeri akhirat pada nikmat yang diberikan Allah kepadamu, tapi jangan kamu lupakan bagianmu dari dunia“. (QS. Al-Qashas: 77)

Saudaraku, akhirat itu dekat. Sangat dekat. Bukankah segala yang pasti itu dekat? Memang demikian. Meskipun kebanyakan diantara kita lupa bahwa akhirat yang pasti itu sangat dekat. Mereka mengira masih ribuan tahun lagi untuk bisa bertemu akhirat. Padahal tidak demikian. Pintu akhirat itu di depan kita. Entah nanti atau besok pintu itu akan kita ketuk. Itulah kematian. Itulah pintu menuju akhirat yang pasti.

Disinilah kita harus menyadari bahwa diri harus berbekal. Sebab kematian pasti datang dan akhirat segera kita songsong. Sebaik-baik bekal adalah takwa.

Allah subhanahu wata’ala berfirman : “Berbekallah, dan Sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa dan bertakwalah kepada-Ku Hai orang-orang yang berakal.” (QS. al-Baqarah : 197)

Saudaraku, jangan termakan pernyataan ‘harus seimbang dunia akhirat’. Faktanya justru ada orang yang dikalahkan dunia sehingga mengutamakannya. Tapi bagi muslim harus mengutamakan akhirat.

Allah berfirman:Aku tidaklah ciptakan jin dan manusia, melainkan agar mereka beribadah hanya kepada-Ku“. (QS. Adz-Dzariyat: 56)

Ibadah adalah urusan akhirat. Ia tidak hanya tentang ubudiyah mahdhah tapi juga atas urusan dunia. Sebab prinsipnya semua karena Allah dan atas perintah Allah adalah ibadah. Itulah yang kita utamakan dalam hidup.

Sungguh kita telah diajari doa yang demikian jelas untuk mengutakan akhirat daripada dunia.

 “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia, juga kebaikan di akhirat. Dan peliharalah kami dari siksa neraka“. (QS. Al- Baqarah: 201)

Perhatikan, ada dua permintaan akhirat sementara hanya satu permintaan  dunia. Jelas, ini menunjukkan bahwa kita harus lebih memilih dan berorientasi akhirat.

Saudaraku, akhirat itu dekat. Sangat dekat. Kita hanya sebentar di sini. Waktunya bisa dihitung, tak ada yang sampai 200 tahun. Apakah kita akan sibuk menikmati dunia sementara yang kita songsong diabaikan? Begitu banyak yang telah pergi meninggalkan kita. Dan kelak kita juga akan menyusulnya. Hanya takdir yang bisa bicara, besok atau lusa.  Wallahu a’lam. (Kang Harits/ Muhasabah)

 

Baca Juga

Belajar Sehebat al Fatih

MitraFM.com– Dari sisi keshalihannya, Muhammad Al-Fatih disebutkan tidak pernah meninggalkan tahajud dan shalat rawatib sejak ...