RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Mitra Update
Home » Catatan Siar » Penggugah Shubuh

Penggugah Shubuh

shubuhMitraFM.com– Saudaraku, bagaimana shubuh kita setiap pagi? Semoga tidak terlewat oleh kemalasan. Ya, meskipun kita semua meresakan betapa bangun di waktu shubuh itu bukan pekerjaan mudah. Justru di situlah letak nilainya, karenanya kita diuji.

Malas bangun memang sebuah penyakit. Ia harus segera disembuhkan. Apa penyembuhnya? Ilmu. Ya, ilmu tentang keutamaan bangun di shubuh hari mestinya kita semua ketahui.  Dengan mengetahui keutamaan-keutamaan shalat berjamaah shubuh bisa membangkitkan semangat dan membuang kemalasan.

Ketahuilah saudaraku, shalat berjamaah shubuh disaksikan para malaikat. Subhanallah.

Abu Hurairah berkata, “Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,“Shalat berjama’ah lebih utama dibanding shalatnya salah seorang dari kalian dengan sendirian dengan dua puluh lima bagian. Dan para malaikat malam dan malaikat siang berkumpul pada shalat fajar (subuh).”  Abu Hurairah kemudian berkata, “Jika mau silakan baca, “Sesungguhnya bacaan (shalat) fajar disaksikan (oleh para malaikat).” (QS. Al Israa: 78).(HR. Al-Bukhari )

Shaat shubuh berjamaah kata Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam seperti shalat sepanjang malam.

Ustman bin Affan berkata, “ Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang shalat isya` berjama’ah maka seolah-olah dia telah shalat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang shalat shubuh berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat seluruh malamnya.” (HR. Muslim)

Subhanallah. Apakah dua kabar gembira tadi masih belum membangkitkan semangat berjamaah shubuh?

Saudaraku, dalam sebuah hadits disebutkan orang yang shalah shubuh ada dalam jaminan Allah.

Jundab bin Abdillah Al-Qasri berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,“Barangsiapa yang shalat subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Oleh karena itu jangan sampai Allah menuntut sesuatu kepada kalian dari jaminan-Nya. Karena siapa yang Allah menuntutnya dengan sesuatu dari jaminan-Nya, maka Allah pasti akan menemukannya, dan akan menelungkupkannya di atas wajahnya dalam neraka jahannam.”(HR. Muslim)

Semoga setiap diri bersemangat mengejar keutumaan shubuh berjamaah, dan raih jaminan Allah ‘Azza wa Jalla. Wallahu a’lam. (Kang Harits/ Muhasabah)

 

Baca Juga

Bahaya Mempercayai Dukun

MitraFM.com– Di jaman modern, dukun dikesankan lebih ‘profesional’ dan dianggap profesi.  Masyarakat menjulukinya sebagai  orang ...