RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Catatan Siar » Cara Kreatif Mengatur Uang Belanja Bulanan dengan Sistem 31 Amplop

Cara Kreatif Mengatur Uang Belanja Bulanan dengan Sistem 31 Amplop

amplopMitraFM.com– Suami bergaji bulanan? Sudah punya cara kreatif untuk mengelolanya belum? Kalau belum anda patut mencoba sistem 31 amplop. Cara ini sangat simpel dan mudah diterapkan oleh siapa saja. Anda hanya butuh menyiapkan 31 lembar amplop kosong untuk memulai program atau sistem 31 amplop ini.

Sebelum mengisi amplop, pastikan uang bulanan Anda sudah berada di tangan Anda. Lalu bagi-bagi uang tersebut untuk berbagai macam keperluan pokok seperti membayar cicilan rumah/uang kontrakan, membeli beras atau sembako sebulan, membayar tagihan listrik, air, telepon, uang bensin, gas, uang saku anak-anak, dan tabungan untuk dana darurat.

Setelah semuanya terbayar, sisanya adalah uang belanja Anda yang akan dimasukkan amplop. Setiap amplop ditulisi dengan tanggal belanja, dari 1 sampai 31 atau tergantung jumlah hari setiap bulannya. Kemudian isi amplop dengan uang yang telah dianggarkan untuk belanja lauk-pauk sehari-hari. Amplop tersebut Anda isi dengan jumlah yang bervariasi, antara 20-100 ribu rupiah. Mengapa demikian? Karena untuk membuat variasi menu makanan Anda juga. Misalnya tanggal 1 diisi uang 70 ribu, maka Anda bisa membeli lauk ayam, sayur dan buah. saat tanggal 5, Anda mengisi amplop sejumlah 30 ribu, berarti Anda bisa mengganti menu menjadi tahu-tempe dan lalapan sambal. Nah, dengan cara ini, niscaya Anda dapat mengatur belanja bulanan dengan lebih bijak.

Setiap harinya, bisa saja Anda mendapatkan sisa uang belanja ribuan hingga puluhan ribu rupiah. Uang sisa belanja sebaiknya Anda biarkan tetap di amplop, agar dapat digunakan bulan depan. Jika sisa hari itu terlalu banyak, Anda dapat memasukkan sebagian besar ke pos tabungan. Tabungan ini dapat dapat Anda ambil sewaktu-waktu saat uang belanja hari yang lain kurang.

Cara ini terbukti efektif dan mengajarkan pada kita untuk melatih kreativitas dalam mengelola berapapun uang yang ada di amplop tersebut hari itu. Mau tidak mau, ibu dituntut kreatif dalam memilih menu masakan. Mau mencoba? (Choirin Fitri/ Sapa Bunda)

 

Baca Juga

Cek Kesehatan Gratis di Hari Jadi Jatim Ke-72

Cek Kesehatan Gratis di Hari Jadi Jatim Ke-72

MitraFM.com – Cek Kesehatan Gratis di Hari Jadi Jatim Ke-72. Dalam rangka menyemarakkan hari jadi Pemerintah Provinsi ...