RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Catatan Siar » Indahnya Qana’ah

Indahnya Qana’ah

QONA'AH 3MitraFM.com– Saudaraku, sudah begitu banyak yang kita dapatkan secara gratis. Sangat melimpah anugerah Allah berikan kepada kita. Udara segar hingga nikmatnya tidur di kala malam adalah nikmat. Sampai pun harta yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, bahkan lebih itu juga nikmat.

Ketahuilah pada saat yang sama masih banyak saudara kita yang tidak seberuntung kita soal harta. Ada diantara mereka yang sulit memenuhi kebutuhan hidupnya, bahkan sangat kekurangan.

Sayangnya, kita sering lupa tentang keadaan ini. Lupa melihat banyak orang yang kekurangan. Itu pun masih diperparah dengan kebiasaan mengeluh karena kurang puas. Padahal jika kita bersyukur dan qanaah kebahagiaan hidup akan kita peroleh.

Ya, itu resepnya!

Saudaraku, apa itu qanaah? Qana’ah berarti ridla atau rela terhadap segala pemberian Allah yang telah ditetapkan tidak dihinggapi ketidakpuasan tidak merasa kurang atas apa yang telah diberikan.

Orang yang qanaah yakin bahwa rizki diatur dan ditetapkan oleh Allah. Allah lah yang menetapkan siapa saja di antara hamba-Nya yang memiliki kelapangan rizeki dan siapa diantara mereka yang memiliki kondisi sebaliknya.

Allah Ta’ala berfirman : “Sesungguhnya Rabb-mu melapangkan rezeki kepada siapa yang Dia kehendaki dan menyempitkannya. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui lagi Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya.”(QS al-Israa’ : 30)

Kitakah yang termasuk qanaah? Semoga!

Saudaraku, qana’ah itu tentang iman dan amal hati. Tentang iman, karena qanaah berawal dari keyakinan bahwa rizki ditetapkan dan diatur oleh Allah Ta’ala. Tentang amal hati, sebab qanaah ada di hati. Ia tidak bisa dilihat dengan mata.

Mari berusaha qana’ah! Dalam qana’ah ada keberuntungan yang melengkapi keimanan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Sungguh beruntung orang yang berislam memperoleh kecukupan rezeki dan dianugerahi sifat qana’ah atas segala pemberian.” (HR. Tirmidzi)

Ya, Rasulullah mengaitkan keberuntungan dengan tiga hal yaitu keislaman  kecukupan rezeki dan sifat qana’ah karena dengan ketiganya seorang muslim akan mendapatkan kebaikan di dunia dan di akhirat.

Saudaraku, qana’ah adalah sumber kekayaan. Kaya bukanlah apa yang ada di genggaman seseorang, tapi apa yang di dalam hatinya. Kaya itu puas dengan apa yang telah ditetapkan oleh Allah ‘Azza wa Jalla.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :  Kaya itu bukanlah karena banyak harta, akan tetapi kaya itu adalah kaya hati (merasa cukup dan puas).(HR. Bukhari dan Muslim)

Semoga Allah menganugerahkan kita jiwa kaya, dan mulia karenanya. Aamiin.
Wallahu a’lam. (Kang Harits/ Muhasabah)

 

Baca Juga

Juara 1 di Kabupaten, Santriwati ini Melaju ke Hifdzil Quran Tingkat Propinsi

Juara 1 di Kabupaten, Santriwati ini Melaju ke Hifdzil Quran Tingkat Propinsi

MitraFM.com – Juara 1 di Kabupaten, Santriwati ini Melaju ke Hifdzil Quran Tingkat Propinsi. Torehan prestasi menjadi ...