RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Catatan Siar » Mulia dengan al Qur’an

Mulia dengan al Qur’an

aqMitraFM.com– Saudaraku, Al Qur’an adalah kalamullah. Membacanya menjadi ibadah. Mempelajari, mengajarkan dan mengamalkan adalah kemuliaan.

Namun sayang, faktanya justru tidak sedikit diantara kita yang jauh dengan al Qur’an. Padahal Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam sudah menjelaskan begitu banyak keutamaan orang yang membaca dan mempelari al Qur’an.

Saudaraku, dekatlah dengan al Qur’an. Pelajari dan ajarkanlah al Qur’an sebab yang demikian akan menjadi kita sebagai sebaik-baik manusia.

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Sebaik-baik kalian yaitu orang yang mempelajari al Qur`an dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari)

Tidak hanya itu, orang yang dekat dengan al Qur’an ia akan dikumpulkan bersama para Malaikat.

Rasulullah bersabda : “Orang yang membaca al Qur`an dan ia mahir dalam membacanya maka ia akan dikumpulkan bersama para Malaikat yang mulia lagi berbakti. Sedangkan orang yang membaca Al Qur`an dan ia masih terbata-bata dan merasa berat (belum fasih) dalam membacanya, maka ia akan mendapat dua ganjaran.” (Muttafaqun `alaih)

Saudaraku, membaca dan mencintai al Qur’an adalah kemuliaan. Ia akan mendapatkan keberuntungan besar dengan mendapatkan syafaatnya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Bacalah al Qur`an, maka sesungguhnya ia akan datang pada Hari Kiamat sebagai syafa’at bagi ahlinya (yaitu orang yang membaca, mempelajari dan mengamalkannya).” (HR. Muslim)

Sungguh beruntung orang yang dekat dengan al Qur’an. Begitu banyak pahala yang akan didapatkan karenanya. Membaca al Qur’an menjadi lumbung pahala yang melimpah.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah (al Qur`an) maka baginya satu kebaikan. Dan satu kebaikan akan dilipat gandakan dengan sepuluh kali lipat. Saya tidak mengatakan “Alif lam mim” itu satu huruf, tetapi “Alif” itu satu huruf, “Lam” itu satu huruf dan “Mim” itu satu huruf.” (HR. At Tirmidzi)

Saudaraku, ahli Qur’an tidak hanya mendapatkan keuntungan untuk dirinya sendiri, bahkan orangtua dari ahli Qur’an mendapatkan keberuntungan yang istimewa, yakni mendapatkan mahkota di surga.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Barangsiapa yang membaca al Qur`an dan mengamalkan apa yang terdapat di dalamnya, Allah akan mengenakan mahkota kepada kedua orangtuanya pada Hari Kiamat kelak. (Dimana) cahayanya lebih terang dari pada cahaya matahari di dunia. Maka kamu tidak akan menduga bahwa ganjaran itu disebabkan dengan amalan yang seperti ini.” (HR. Abu Daud)

Mulai dari sekarang, cintai al Qur’an, pasti kita akan mulia bersamanya. Wallahu a’lam. (Kang Harits/ Muhasabah)

 

Baca Juga

Belajar Sehebat al Fatih

MitraFM.com– Dari sisi keshalihannya, Muhammad Al-Fatih disebutkan tidak pernah meninggalkan tahajud dan shalat rawatib sejak ...