RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Catatan Siar » Komitmen Menjaga Lisan

Komitmen Menjaga Lisan

jaga lisanMitraFM.com– Jika lisan dikendalikan iman ia akan melahirkan mutiara-mutiara kata. Didengar menyejukkan dan memancarkan kebenaran. Pun juga dengan tulisan-tulisan. Perhatikan untaian kalimat nasehat orang shalih!

Ibnul Qayyim berkata,”Kebanyakan manusia menyadari hak-hak mereka atas Allah, tapi tidak menyadari hak Allah atas mereka. Dari sanalah mereka terputus dari Allah dan terselimuti hatinya dari mengenal, mencintai dan merindukan Allah.”

Itulah contoh mutiara kata yang keluar dari lisan orang shalih.

Saudaraku, ketahuilah, kemaksiatan melahirkan benih-benih kegelisahan. Kemaksiatan bisa dipicu oleh ucapan dan tulisan.Betapa banyak orang yang akhirnya berbuat maksiat karena mendengar ucapan atau membaca tulisan.

Jadilah orang beriman, dengan menjaga lisan. Agar kita tidak menjadi inspirasi keburukan bagi orang lain. Iman yang bersih akan melahirkan ucapan yang lurus dan sikap yang shalih. Itu artinya iman dan lisan saling berkaitan.

Menggunakan lisan untuk kebaikan adalah rumusnya. Tidak bicara yang sia-sia remnya. Menahan diri dari banyak komentar latihannya. Dzikir adalah solusinya.

Ya, dzikir. Sekaligus akan memperbaiki kondisi hati bahkan memperbaharui iman.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :Maka ingatlah pada-Ku, maka Aku akan mengingat kalian.” (QS. Al Baqarah: 152)

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berkata,Dzikir pada hati semisal air yang dibutuhkan ikan. Lihatlah apa yang terjadi jika ikan tersebut lepas dari air?”

Saudaraku, jadikan lisan hanya mengalirkan kebaikan. Tahan lisan dari bicara buruk. Sungguh kemampuan menahan diri untuk tidak menyebabkan hati orang lain pedih dan getir itu kemuliaan. Ia merupakan sebuah komitmen di atas jalan kebaikan. Lebih dari itu ia juga sebentuk seni memperindah kehidupan merajut kebersamaan, dengan mengharap pahala di sisi Allah ‘Azza wa Jalla. Wallahu a’lam. (Kang Harits/ Muhasabah)

 

 

Baca Juga

Juara 1 di Kabupaten, Santriwati ini Melaju ke Hifdzil Quran Tingkat Propinsi

Juara 1 di Kabupaten, Santriwati ini Melaju ke Hifdzil Quran Tingkat Propinsi

MitraFM.com – Juara 1 di Kabupaten, Santriwati ini Melaju ke Hifdzil Quran Tingkat Propinsi. Torehan prestasi menjadi ...