RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Catatan Siar » Menjemput Kemuliaan Sabar

Menjemput Kemuliaan Sabar

sabar 2MitraFM.com– Saudaraku, sudah terlalu sering mendengar nasihat sabar? Jangan bosan! Sebab sabar mempunyai kemuliaan yang akan memuliakan pelakunya. Semakin sering kita mendapat nasihat sabar, semoga semakin menguatkan hati untuk benar-benar bersabar.

Ketahuilah, Allah subhanahu wa ta’ala menyebut orang sabar sebagai orang yang bisa mengambil pelajaran dan nasihat.

Allah berfirman : “Dan, di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah kapal-kapal (yang berlayar) di laut seperti gunung-gunung. Jikalau Dia menghendaki, Dia akan menenangkan angin, maka jadilah kapal-kapal itu terhenti di permukaan laut. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan) -Nya bagi setiap orang yang bersabar dan banyak bersyukur”. (QS. Asy-Syura : 32-33)

Sungguh, Allah juga memuji orang-orang yang sabar dan menyanjungnya.  Allah berfirman: “Dan, orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan, mereka itulah orang-orang yang benar (imannya), dan mereka itulah orang-orang yang bertaqwa.” (QS. al-Baqarah : 177)

Saudaraku, mari mantabkan hati menjadi orang sabar! Betapa beruntungnya kita menjadi orang sabar. Sebab Allah telah menyatakan cinta-Nya kepada orang yang sabar.

Di dalam al Qur’an Allah berfirman: “Dan, Allah mencintai orang-orang yang sabar.” (QS. Ali Imran : 146)

Dia pula yang akan memberi pahala berlipatganda atas kesabaran seorang hamba. Sabar, balasannya dijanjikan lebih baik daripada amalnya, hingga tak terhitung.

Allah ‘Azza wa Jalla berfirman : “Dan, sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang mereka kerjakan”. (QS. An-Nahl : 96)

Di ayat lain Allah berfirman: “Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (QS. Az-Zumar : 10)

Saudaraku, sabarlah atas segala hal. Sabar menjalankan perintah, tanpa mengeluh. Sabar meninggalkan maksiat, tanpa merasa berat. Sabar menerima ujian, dengan ridha, bahwa setiap takdirnya adalah kebaikan dan tidak mungkin sebentuk kedzaliman terhadap hamba.

Ingatlah, kemuliaan bagi orang yang sabar akan ia dapatkan hingga di akhirat nanti. Allah telah sebutkan di dalam al Qur’an bahwa orang yang sabar akan mendapatkan keselamatan dari neraka.

Allah berfirman : “Sedang para malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu, (sambil mengucapkan) :’Salamun ‘alaikum bima shabartum’. Maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu” (QS. Ar-Ra’d : 23-24)

Perhatikan Saudaraku, para malaikat mengucap salam kepada orang yang sabar. Sekali lagi, betapa beruntungnya orang yang sabar, dicintai Allah, dijauhkan dari neraka dan ditempatkan dalam kemuliaan. Wallahu a’lam. (Kang Harits/ Muhasabah)

 

Baca Juga

Cek Kesehatan Gratis di Hari Jadi Jatim Ke-72

Cek Kesehatan Gratis di Hari Jadi Jatim Ke-72

MitraFM.com – Cek Kesehatan Gratis di Hari Jadi Jatim Ke-72. Dalam rangka menyemarakkan hari jadi Pemerintah Provinsi ...