RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Catatan Siar » Menuntut Ilmu Tiada Henti

Menuntut Ilmu Tiada Henti

menuntut ilmuMitraFM.com– Saudaraku, pengetahuan kita terbatas. Sementara ilmu tanpa batas. Semakin kita belajar, semakin terasa banyak hal yang belum kita ketahui. Padahal setiap segala sesuatu akan berjalan sempurna dengan  ilmu. Maka begitu penting ilmu bagi amal-amal kita.

Alhamdulillah, jika kita masih punya kesadaran tinggi menuntut ilmu. Sebab betapa banyak orang yang enggan menuntut ilmu dengan berbagai alasan dan keadaan. Padahal, menuntut ilmu bagi seorang muslim adalah kewajiban.

Saudaraku, mari terus menuntut ilmu! Ilmu yang kita miliki kelak akan sangat membantu saat semua amal terputus. Namun syaratnya, haruslah ilmu yang bermanfaat.

Dalam sebuah hadits disebutkan, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Jika manusia meninggal maka terputuslah amalnya, kecuali tiga perkara; shadaqah jariahnya, ilmu yang bermanfaat dan anak yang shalih yang mendoakan kedua orang tuanya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Orang yang berilmu diangkat derajatnya oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Di dalam al Qur’an disebutka : “Allah mengangkat orang beriman dan memiliki ilmu diantara kalian beberapa derajat dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Mujadilah : 11)

Saudaraku, orang berilmu adalah orang yang takut kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Dia dianugerahi sifat yang demikian karena takwa. Allah berfirman : “Sesungguhnya yang takut kepada Allah diantara hambanya hanyalah orang-orangyang berilmu.” (QS. Fathir : 25)

Jelas sudah, bahwa jika semakin luas dan mendalam ilmu seseorang akan semakin takut dan takwa kepada Allah. Sebaliknya, jika hidup tanpa ilmu maka akan sangat mungkin ingkar dan bermaksiat kepada-Nya.

Saudaraku, teruslah berilmu, agar Allah memilih kita menjadi orang yang baik!

Dalam sebuah hadits disebutkan, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barang siapa yang Allah menghendaki kebaikan padanya, maka Allah akan membuat dia paham dalam agama.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Bersabarlah dalam menuntut ilmu! Karena kemuliaannya begitu banyak. Ketahuilah, bahkan menuntut ilmu merupakan jalan menuju surga.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam : ”Barang siapa yang menempuh suatu jalan dalam rangka menuntut ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR Muslim)

Bahkan, malaikat pun membentangkan sayapnya untuk para penuntut ilmu. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ”Sesungguhnya para malaikat benar-benar membentangkan sayapnya karena ridho atas apa yang dicarinya,” (HR. Ahmad)

Mari terus perbaharui semangat menuntut ilmu! Sampai kapanpun. Tanpa batas.
Wallahu a’lam. (Kang Harits/ Muhasabah)

 

Baca Juga

Belajar Sehebat al Fatih

MitraFM.com– Dari sisi keshalihannya, Muhammad Al-Fatih disebutkan tidak pernah meninggalkan tahajud dan shalat rawatib sejak ...