RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Catatan Siar » Miliki Sifat Lemah Lembut

Miliki Sifat Lemah Lembut

lembutMitraFM.com– Saudaraku, salah satu kharakter seorang muslim adalah lemah lembut. Tapi tidak meninggalkan tegas. Lemah lembut adalah anugerah dan rahmat dari Allah subhanahu wa ta’ala. Itulah anugerah sangat berharga di dunia dan akhirat.

Allah ‘Azza wa Jalla berfirman : “Maka dengan rahmat Allah-lah kamu bisa bersikap lemah lembut kepada mereka.” (QS.  Ali ‘Imran: 159)

Dalam satu hadits disebutkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya Allah Mahalembut serta mencintai kelembutan, dan Allah memberikan sifat lembut yang tidak diberikan pada sifat kasar dan sifat lainnya.” (HR. Muslim)

Saudaraku, betapa lemah lembut itu sebagai keindahan. Lemah lembut pula yang dipuji dan mendapatkan kecintaan dari Allah dan Rasul-Nya.

Di dalam al Qur’an Allah berfirman: “(Orang-orang yang bertakwa adalah) orang-orang yang menahan marahnya dan memaafkan kesalahan (orang lain). Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebaikan.” (QS Ali ‘Imran: 134)

Masya Allah. Jelas disebut salah satu tanda ketakwaan seseorang adalah bisa menahan marah. Sungguh, hanya orang yang berhati dan bersikap lembut sajalah mereka yang bisa menahan marah.

Ketahuilah sejatinya sifat lemah lembut dicintai oleh Allah subahanahu wa ta’ala.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda kepada al-Asyaj Abdul Qais r.a: “Sesungguhnya pada dirimu ada dua sifat yang dicintai oleh Allah; lemah lembut dan tidak tergesa-gesa.” (HR. Muslim)

Tidakkah kita ingin menjadi orang yang dicintai Allah? Begitulah nabi memberikan rahasianya, lemah lembut dan tidak tergesa-gesa.

Saudaraku, miliki lemah lembut. Caranya, dilatih! Ya, harus dilatih. Dibiasakan. Layaknya sifat-sifat yang lain, semacam sabar, maka lemah lembut membutuhkan latihan. Tentu saja ada ujian.

Sabarlah dalam melatih kelemahlembutan! Sesunggunya setiap segala sesuatu tidak bisa instan. Dan, ingatlah hasil kelemahlembutan itu menghias pemiliknya berupa kebaikan.

Perhatikan hadits yang diriwayatkan Imam Muslim dari Aisyah, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya tidaklah kelemahlembutan itu ada pada sesuatu melainkan akan menghiasinya dan tidaklah tercabut dari sesuatu melainkan akan merusaknya.” (HR. Muslim)

Saudaraku, teruslah berbenah! Tak ada yang bisa diraih tanpa kerja keras. Pun juga dengan memiliki kelemahlembutan. Sifat yang menghias indah diri orang-orang beriman.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah sosok sempurna yang mempraktekkan kelemahlembutan. Bicara beliau lembut dan sikap beliau lembut. Ya, lembut kepada siapa saja. Kepada istri, lembut. Kepada pembantu, anak-anak, orang miskin bahkan kepada yang membenci dan memusuhinya, beliau lembut.

Tidakkah kita ingin mencontoh beliau? Wallahu a’lam. (Kang Harits/ Muhasabah)

 

Baca Juga

Juara 1 di Kabupaten, Santriwati ini Melaju ke Hifdzil Quran Tingkat Propinsi

Juara 1 di Kabupaten, Santriwati ini Melaju ke Hifdzil Quran Tingkat Propinsi

MitraFM.com – Juara 1 di Kabupaten, Santriwati ini Melaju ke Hifdzil Quran Tingkat Propinsi. Torehan prestasi menjadi ...