RADIO MITRA 97 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Kampungladu, Sidomulyo - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur 65317 - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Catatan Siar » Penyebab Lemahnya Iman

Penyebab Lemahnya Iman

imanMitraFM.com– Saudaraku, tak ada yang lebih perlu kita waspadai melebihi kondisi melemahnya iman. Namun yang lebih perlu lagi diwaspadai dari itu adalah mengetahui hal-hal yang melemahkan iman. Ya, agar kita senantiasa bisa menjaga diri menghindar dan menjauhinya.

Sungguh, melemahnya iman adalah fase kehidupan yang paling buruk. Sebab segala sesuatu akan menjadi tidak bermakna spiritual saat tidak diukur dengan iman. Itulah yang melahirkan kegersangan jiwa dan kekeringan spiritualitas.

Lantas, hal apa yang mesti kita waspadai? Jawabnya adalah kemaksiatan. Kemaksiatan seberapun kecilnya ia berpotensi melemahkan iman. Nabi SAW bersabda: “Apabila seorang hamba berbuat dosa, maka diberikan noda hitam dalam hatinya.” Maka janganlah melihat kecilnya sebuah maksiat, tapi lihat kepada siapa maksiat itu diarahkan?!

Saudaraku, kemaksiatan akan melemahkan iman. Maka kini saatnya diri bertanya : “Maksiat dan dosa apa yang kita lakukan sehingga diri begitu berat melakukan ibadah?”

Jujur kita harus akui betapa diri seringkali merasa berat melakukan kebaikan-kebaikan atau ibadah dibandingkan yang lainnya. Ternyata sebabnya adalah adanya noda hitam di hati karena maksiat. Mari ingat perkataan ulama : “Dosa yang dilakukan siang hari akan menghalangi ibadah di malam hari. Dosa di malam hari akan menghalangi ibadah di siang hari.”

Selebihnya, sekecil apapun dosa, jangan remehkan. Sebab tak ada dosa kecil jika terus menerus dilakukan.

Saudaraku, sebab lain dari melemahnya iman kita adalah melupakan kematian dan akhirat (perhitungan amal). Semakin jauh kita lupakan kematian dan akhirat, semakin lupa pula bahwa kelak akan bertemu dengan Dzat Maha Pengadil.

Ada rahasia indah yang disebut Ali bin Abi Thalib untuk terus menjaga iman. Beliau berkata : “Shalatlah kalian seperti shalatnya seorang yang akan meninggalkan dunia.”

Dengan senantiasa mengingat mati setiap shalat, ia seperti terus mengajak diri waspada akan hari pembalasan dan bertemu dengan Rabb semesta alam. Itulah yang menjaga iman. Tentu dengan seringnya diri melupakan mati, ia akan melemahkan keimanan diri.

Abubakar pernah berpesan pada putrinya, Aisyah : “… dan jika aku sudah meninggal, maka kafanilah aku dengan kain yang paling murah, karena ia hanya akan menjadi wadah nanah dan darah…” Wallahu a’lam. (Kang Harits/ Muhasabah)

 

Baca Juga

Ini Alasan Kuat Kenapa Kamu Harus Keliling Indonesia Sekarang

Ini Alasan Kuat Kenapa Kamu Harus Keliling Indonesia Sekarang

Bercita-cita keliling dunia? Keinginan itu bukanlah sebuah hal yang salah. Tapi sebelum mewujudkan keliling dunia, ...