RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Catatan Siar » Menikmati Kehamilan

Menikmati Kehamilan

 

hamilMitraFM.com– Ketika dua hati terpaut, ikatan sucipun terangkai. Lantunan ijab qobul menjadi pintu gerbang memasuki jalinan pernikahan suci . Rasa cinta yang bergelora menghiasi hari-hari dalam lembaran kehidupan baru.
Ada harap yang menyembul diantara pusara waktu. Yakni, hadirnya makhluk mungil yang akan menjadikan kisah kasih dua insane ini makin sempurna. Mereka rindu dengan panggilan Ayah Bunda dari buah cinta mereka.

Kala, makhluk mungil itu hadir dalam rahim yang kokoh. Saat itulah ujian menyapa hari-hari orang yang kelak dipanggil Bunda. Morning sicknes, rasa tak nyaman, rasa tak enak mengiringi hari. Tubuh terkadang harus tumbang karena perut memuntahkah semua makanan atau minuman yang dimasukkan.

Cara pandang yang berbeda, berujung pada hasil yang berbeda. Jika, buah cinta yang hadir itu dianggap anugrah bukan beban, maka, menikmati kehamilan bisa diraih. Rasa syukur yang berlimpah akan membuat calon ibu bisa menikmati kehamilannya.

Selain itu ada beberapa hal lain yang bisa Anda lakukan agar Anda bisa menikmati kehamilan.

  1. Cukup istirahat.

Kebanyakan calon ibu merasakan trimester satu lebih melelahkan dibandingkan hari-hari sebelumnya. Rasa letih ini lantaran peningkatan hormon progesteron yang mempunyai efek depresan pada susunan saraf sehingga menyebabkan kantuk secara alami. Akibatnya, ibu hamil sering mengantuk dan  membutuhkan tidur lebih banyak daripada biasanya.

Untuk mengatasi, cobalah mulai mencermati pemakaian waktu sehari-hari. Kurangi aktivitas yang terlalu melelahkan. Sempatkan pula untuk melakukan tidur siang. Jangan terlalu memikirkan berbagai pekerjaan rumah tangga yang tidak tertangani. Saatnya Anda mengomunikasikan pada pasangan bahwa Anda membutuhkan dukungan dan pertolongan terutama ketika tubuh merasa sangat lelah. Yang paling penting, ketika tubuh sudah memberikan tanda-tanda letih, segeralah beristirahat.

 

  1. Cerdik menyiasati mual muntah.

Munculnya mual disebabkan adanya peningkatan hormon estrogen pada awal kehamilan. Peningkatan hormon ini membuat kadar asam lambung meningkat, hingga muncullah keluhan rasa mual. Keluhan ini paling parah biasanya muncul di pagi hari saat perut ibu dalam keadaan kosong dan terjadi peningkatan asam lambung. Namun, rasa mual bisa saja muncul pada siang, sore, atau malam hari, bergantung pada kondisi ibu yang satu sama lain tentu berbeda-beda. Perubahan metabolisme tubuh di awal kehamilan menyebabkan proses pengosongan lambung berlangsung lebih lambat, sehingga menyebabkan perut terasa penuh dan memunculkan rasa mual.

Untuk mengurangi ketidaknyamanan itu, setiap ibu dapat melakukan siasat berdasarkan kebiasaan masing-masing. Ibu yang suka biskuit sebaiknya selalu punya persediaan sekotak biskuit di rumah atau di dalam tas ketika sedang bepergian. Untuk mengurangi mual pagi hari, makanlah biskut kraker sesaat setelah bangun sebelum turun dari tempat tidur. Pilihan lain tentu saja boleh disesuaikan dengan selera, misalnya minum air jahe yang dapat mengurangi rasa mual, makan roti tangkup keju panggang, minum air jeruk, atau makanan ringan lain yang disukai.

Kalau ibu lebih suka camilan buah, hati-hati dengan buah yang rasanya asam dan bumbu rujak yang pedas karena justru dapat merangsang  peningkatan asam lambung.  Buah  asam seperti mangga muda memang enak dimakan dengan bumbu rujak yang pedas ketika perut terasa mual atau penuh.  Sedapat mungkin, buah asam dan bumbu pedas  tidak dikonsumsi saat perut kosong untuk mencegah peningkatan asam lambung.

  1. Menyambut Pagi dengan Rutinitas Baru

Ibu hamil seringkali mengeluhkan mual dan muntah yang disebabkan karena morning sickness untuk mengatasinya saja sulit apalagi untuk menciptakan perasaan yang bahagia, mungkin pemikiran itu yang terlintas pada benak anda. Padahal perasaan yang bahagia ketika menyambut pagi akan mengurangi perasaan mual dan muntah, anda dapat menyambut pagi anda dengan minum air hangat sambil mendengarkan musik yang membuat suasana hati lebih gembira.

  1. Melakukan Interaksi Dengan janin

Ketika mengajaknya berinteraksi, Anda dapat melakukan dengan berbagai cara seperti misalnya mengelus perut, mengajak anak anda berbicara, membacakan buku cerita, melakukan USG dan juga mendengarkan ayat-ayat Al Qur’an..

  1.  Jauhi orang orang yang berpikir negatif

Untuk membuat perasaan yang menyenangkan anda dapat menghindari pemikiran yang negatif selama kehamilan. Jauhi pengalaman buruk persalinan dari rekan atau keluarga anda. Dengan berpikir yang positif akan berdampak tenang, tidak mudah khawatir, tidak takut, mengurangi rasa kecemasan dan ketakutan.

  1. Lakukan Aktivitas Menyenangkan

Anda dapat melakukan kegiatan yang menyenangkan ditemani dengan suami anda di akhir pekan seperti berlibur. Anda dapat melakukan kegiatan yang menyenangkan di dalam rumah seperti membaca buku tentang kehamilan atau perawatan bayi, mencoba resep baru atau menikmati koleksi DVD.

  1. Semakin Mendekat pada Allah

Janin yang tertanam di rahim adalah anugrah Allah. Maka, senantiasa mendekatkan diri pada Allah akan memberikan kekuatan spiritual yang tak terhingga dalam diri Anda. Berdzikir, berdo’a, dan membaca buku-buku tentang pahala bagi ibu hamil bisa Anda lakukan.

Selamat menikmati kehamilan Anda! (Choirin Fitri/ Sapa Bunda)

Baca Juga

Syahidah Pertama, Sumayyah binti Khayyat

MitraFM.com– Tauhidnya begitu teguh, sekeras baja.  Cahaya iman di hatinya tak pernah redup. Ia rela ...