RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Mitra Update
Home » Catatan Siar » 10 Tanda Orang Yang Bisa Dipercaya Untuk Tempat Curhat

10 Tanda Orang Yang Bisa Dipercaya Untuk Tempat Curhat

curhatMitraFM.com– Kodrat manusia adalah sebagai mahluk sosial, kita tidak bisa lepas dari campur tangan orang lain. Kita membutuhkan bantuan teman, saudara, tetangga, orang tua untuk membantu kita dalam suatu persoalan. Baik dalam hal apapun baik dikala suka ataupun duka.

Ketika kita sedang mengalami suatu permasalahan atau sedang menanggung suatu kesedihan kita juga membutuhkan orang lain untuk tempat sharing atau tempat menyalurkan semua perasaan kita agar dengan maksud kita mendapatkan ketenangan, motivasi, saran dan jalan keluar dari permasalahan itu atau hal ini lebih tepatnya disebut “Curhat” (Curahan Hati) .

Dalam beberapa kasus permasalahan yang kita hadapi kita juga membutuhkan teman Curhat yang mampu memberikan rasa nyaman dan tentunya dapat di percaya. Karena dalam hal-hal yang sensitif dan private sekali tentu kita tidak menginginkan agar hal tersebut di ketahui oleh orang banyak padahal di lain sisi kita butuh orang lain sebagai teman Curhat untuk membuat diri kita lebih rileks dan nyaman.

10 Tanda Orang Yang Bisa Dipercaya Untuk Tempat Curhat 

  1. Dia Bisa Membantu Mencarikan Solusi atau Jalan Keluar dari Masalah Yang Kita Hadapi

Teman curhat yang baik bisa membantu mencari jalan keluar atas permasalahan yang sedang menjerat kita. Boleh-boleh saja kita mencurhatkan diri kepada orang yang hanya bisa mendengar cerita kita saja, namun jika ada yang lebih jago menyelesaikan berbagai persoalan hidup, tidak ada salahnya kita memilih yang lebih ahli agar masalahnya dapat segera teratasi secara tuntas.

  1. Orang Yang Bisa Menjaga Rahasia

Masalah kita sebaiknya tidak diketahui oleh banyak orang, karena orang-orang bisa saja memiliki sudut pandang yang berbeda yang justru menganggap kita sebagai pihak yang salah. Untuk itu janganlah menceritakan curhatan kita kepada keluarga, teman, guru, atau lain-lainnya yang tidak bisa menjaga kerahasiaan cerita curhat kita. Jika kita yakin orang tersebut bisa menyimpan rahasia orang lain, barulah kita bisa bercurhat kepadanya.

  1. Orang Yang Banyak Memiliki Waktu Luang

Hindari melakukan curhat dengan orang yang super sibuk sehingga tidak memiliki banyak waktu, tenaga, pikiran dan perasaan untuk membantu kita secara penuh. Mungkin baru sebentar saja kita melakukan konsultasi curhat orang tersebut sudah minta izin meninggalkan kita karena ada sesuatu yang harus dikerjakan.

  1. Adanya Hubungan Jangka Panjang

Curhatlah kepada orang yang bisa kita curhati dengan mudah dari waktu ke waktu secara berkesinambungan. Kalau baru beberapa kali saja orang tersebut sudah menghilang, maka masalah kita bisa menggantung dan harus curhat lagi dari awal dengan orang lain. Tidak hanya tatap muka langsung, namun curhat juga bisa lewat komunikasi modern jarak jauh. Yang penting ia selalu bersedia untuk dicurhati dengan senang hati.

  1. Dia Peduli dengan Masalah Orang Lain

Carilah teman curhat yang perhatian dengan orang lain. Kalau orangnya tidak pedulian, maka orang itu hanya akan membantu seadanya saja dan enggan berpikir keras untuk menemukan solusi yang terbaik. Orang yang perdulian juga akan dengan senang hati membatu kita secara ikhlas dari waktu ke waktu sampai urusannya beres.

  1. Dapat Membuka Komunikasi Dua Arah

Orang yang didapuk menjadi teman curhat kita jangan hanya sebatas mendengar keluh kesah kita saja, namun juga bisa memberi umpan balik seperti menceritakan pengalaman hidupnya, curhat baik kepada kita, memberitahukan sesuatu yang berharga bagi kita, dan lain sebagainya. Kedua belah pihak harus bisa berinteraksi dengan baik tanpa ada salah satu pihak dianggap sebagai orang yang tertutup.

  1. Dia Memiliki Kemampuan Komunikasi yang Baik Kepada Siapapun

Curhat akan lebih nyaman dengan orang yang cara berkomunikasinya baik, tidak gila, tidak kasar, tidak gagap, mengerti bahasa kita, tidak emosional, dan lain sebagainya. Kita pun juga harus melakukan komunikasi yang baik dengan orang yang kita curhatkan agar segera mengerti duduk permasalahannya dan segera membantu mencarikan jalan keluarnya.

  1. Dia Tidak Keberatan Mendengar Keluh Kesah Kita

Tidak semua orang senang mendengarkan curhatan orang lain, apalagi mencarikan jalan keluar. Namun adapula orang yang justru mencari orang yang mau curhat dengannya. Alangkah baiknya jika kita memilih teman curhat-mencurhat yang senang menerima curhatan kita. Kita pun juga harus dimikian kepadanya, harus siap diberi curhatan dengan baik.

  1. Orangnya Baik Kepada Siapa Saja

Orang yang baik untuk kita jadikan teman curhat adalah orang yang terkenal baik kepada siapa saja, kapan pun dan di mana pun. Jangan curhat pada orang jahat, karena mungkin saja justru akan memanfaatkan kita untuk kepentingan dirinya saja. Curhatlah pada orang baik-baik yang mau membantu kita tanpa pamrih.

  1. Orang itu Bisa Membuat Hati Kita Tenang

Anggota keluarga, teman, tetangga, pak rt, pak rw, penjaga warung, pedagang keliling, atau siapa pun yang kita ajak curhat harus orang yang sedari dulu kita anggap bisa membantu kita ketika ada kesulitan dan saat kita berbicara dengannya dapat membuat hati kita menjadi merasa nyaman dan damai. Dengan begitu curhat kita pun akan membuat kita bebas dari beban berat walaupun belum menemukan solusinya.

Baca Juga

Menjadi Sahabat Mertua

  “Kenapa?”, tanya sahabatku membuyarkan lamunanku “Ehm, nggak apa-apa kok?”jawabku ragu sembari menghela nafas “Mertuamu ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 + two =