RADIO MITRA 97 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Kampungladu, Sidomulyo - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur 65317 - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Berita » Imam Palestina Jadi Penguji Al-Quran di Hidayatullah Malang

Imam Palestina Jadi Penguji Al-Quran di Hidayatullah Malang

MitraFM.com – Ratusan santri SMP Integral ArRohmah 2 Pesantren Hidayatullah Malang mengikuti Ujian Terbuka Tahfidz AlQuran, pada Rabu (8/6/2016). Ujian ini digelar bertepatan dengan 3 Ramadhan 1437 H.

Ujian yang digelar mulai ba’da subuh tersebut berlangsung hingga menjelang maghrib. Sebanyak 150-an santri dijadwalkan mengikuti prosesi ujian yang panjang itu.

Ujian yang rutin digelar tahunan ini terasa berbeda dari sebelumnya. Pasalnya, penguji kali ini berasal dari luar negeri dan merupakan seorang qori internasional. Syaikh Ahmad Ziyadah, namanya.

Menurut Marzan, S.Pd.I, Kepala Sekolah SMP khusus penghafal ini, kegiatan ini bertujuan untuk melatih mental santri dalam menjawab soal-soal yang diberikan oleh penguji.

“Selain itu, juga untuk membenarkan bacaan yang dimiliki oleh para santri karena beliau seorang hafidz yang sudah memiliki sanad.”

Firdaus Haikal, salah satu santri teruji, mengaku senang bisa ikut Ujian Tahfidz bersama syaikh dari Palestina.

“Awalnya, sih, agak takut (karena grogi),” akunya setelah tuntas melanjutkan salah satu ayat di juz 3 yang diujikan.

Dalam penutupannya di akhir ujian, Syaikh memberi beberapa tips seputar menghafal.

Install Aplikasi Android Radio Mitra 97 FM Kota Batu Streaming via Google Play Store

“Agar menjadi penghafal alQuran yang kuat, kita harus senantiasa istiqomah murajaah. Juga harus senantiasa menjaga wudhu, menjauhi maksiat kepada Allah, dna berusaha memahami makna ayat yang dihafal lalu diamalkan,” jelas Qori Internasional ini panjang lebar.

Syaikh Ahmad Ziyadah merupakan satu dari 10 orang imam yang diundang ke Indonesia dalam program SIRAMAN MANIS. SIRAMAN MANIS merupakan program tahunan Sahabat alAqsa untuk menjembatani hadirnya imam-imam Palestina dan Suriah datang ke Indoensia.

Syaikh Ahmad Ziyadah yang merupakan lulusan S2 bidang Fiqih ini akan menjadi Imam di beberapa lokasi di Malang.

“Untuk 1-10 Ramadhan, beliau akan berada di masjid Saroh ini,” jelas Marzan.

Selain didapuk menjadi penguji, Syaikh yang rumahnya sangat dekat dari kompleks masjidil aqsa ini juga mengisi berbagai kajian, khususnya seputar alQuran yang memang menjadi bidangnya. (roma)

Baca Juga

Ini Alasan Kuat Kenapa Kamu Harus Keliling Indonesia Sekarang

Ini Alasan Kuat Kenapa Kamu Harus Keliling Indonesia Sekarang

Bercita-cita keliling dunia? Keinginan itu bukanlah sebuah hal yang salah. Tapi sebelum mewujudkan keliling dunia, ...