RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Catatan Siar » 3 Tips Ramadhan Agar Selalu Bugar

3 Tips Ramadhan Agar Selalu Bugar

tips 2
MitraFM.com
– Puasa di bulan Ramadhan terkadang membuat seseorang merasa lemas dan letih seperti tanaman yang kekurangan air. Hal ini sangat wajar sekali karena selama puasa berlangsung seseorang dilarang untuk makan dan minum sejak subuh hingga magrib tiba. Agar saat puasa kita tidak lemas dan loyo maka perlu untuk melakukan tips Ramadhan yang jitu berikut.

Tips Ramadhan Pertama saat Sahur

Saat puasa tentunya kita tidak ingin terlihat lemas dan loyo. Oleh karena itu, untuk mempersiapkan semuanya agar lebih baik dan tidak terlihat lemas dan loyo maka harus dimulai dari awal, yakni saat sahur.

Waktu sahur merupakan waktu yang seharusnya mendapatkan perhatian yang cukup penting karena akan menjadi dasar atau landasan utama untuk berpacu selama seharian puasa. Berikut adalah beberapa hal yang harusnya diperhatikan oleh kita selama sahur saat berpuasa.

  1. Hendaknya untuk tidak makan makanan yang mengandung gula atau cukup manis. Memakan makanan yang manis akan menyebabkan seseorang menjadi lebih cepat lemas di siang hari. Kandungan glukosa akan lebih mudah terbakar dengan cepat sehingga tubuh kita tidak memiliki cukup cadangan makanan yang lain. Inilah yang menyebabkan tubuh menjadi lemas.
  2. Agar tidak terserang anemia atau kekurangan darah, ada baiknya untuk meminum susu ketika sahur. Kekurangan darah juga mampu membuat seseorang menjadi kurang bersemangat dan loyo.
  3. Ada baiknya saat bersahur makanan yang dimakan merupakan makanan yang mengandung banyak air, seperti kuah ataupun buah. Makanan yang seperti ini akan mampu menjaga tubuh terhindar dari dehidrasi ketika berpuasa. Mengonsumsi kurma juga dianjurkan karena dapat menghindarkan dari dehidrasi
  4. Sebagai pengganti buah kita juga bisa mengonsumsi jus buah untuk mencegah terjadinya dehidrasi saat puasa di siang hari.
  5. Jangan memakan makanan cepat saji dan gorengan karena akan menggangu sistem pencernaan yang berakibat pada lemasnya tubuh jika sistem pencernaan terganggu.

    Tips Ramadhan Kedua saat Puasa

Untuk menjaga tubuh tetap bugar dan bersemangan maka tips Ramadhan berikut bisa dilakukan ketika sedang berpuasa. Berikut adalah tips Ramadhan yang bisa kita lakukan.

  1. Lakukan pekerjaan secara pelan saja tetapi pasti. Penumpukan pekerjaan akan membuat kita menjadi lebih cepat stres sehingga akan berpengaruh terhadap otak yang akhirnya berpengaruh terhadap kondisi perut yang akan lebih cepat terasa lapar.
  2. Jangan lupa untuk memaksimalkan waktu istirahat yang ada. Usahakan untuk tetap bisa istirahat dengan tidur sejenak sekitar 15 menit untuk mengisi ulang tubuh agar tidak cepat lelah dan kembali lagi bersemangat.
  3. Ada baiknya untuk melakukan olahraga yang ringan saja, seperti peregangan ataupun berjalan kaki. Tidak disarankan untuk olahraga berat karena akan membuat tubuh menjadi haus sehingga bisa membatalkan puasa.

    Tips Ramadhan Ketiga saat Berbuka

Tidak perlu ditanya lagi karena waktu berbuka merupakan waktu yang paling ditunggu selama puasa tiba. Meski demikian, tetap perlu memperhatikan beberapa tips berikut agar tubuh tetap sehat.

  1. Berbukalah dengan cara yang Rasulullah ajarkan, yaitu dengan memakan kurma atau meminum air mineral. Setelah itu dilanjutkan dengan salat magrib dan makan besar bisa disantap setelah salat magrib.
  2. Jangan menjadi orang yang sebulan tidak makan ketika berbuka. Berbukalah dengan makanan yang manis terlebih dahulu sebelum memakan makanan kesukaan. Tujuannya adalah agar tubuh tidak kaget.
  3. Jika kita berada di jalan dan ingin berbuka maka bisa menyediakan kurma selalu di tas ataupun di dalam mobil sehingga ketika waktu berbuka tiba maka kita tingal mengambilnya saja.

Demikianlah beberapa tips Ramadhan yang bisa dilakukan agar tubuh menjadi sehat dan bugar selama berpuasa. Semoga tips ini membantu dan berguna sehingga puasa tetap lancar dan pekerjaan juga lancar.

 

Baca Juga

Deteksi Kesombongan

MitraFM.com– Seorang pria yang bertamu di rumah Sang Kyai tertegun keheranan. Dia melihat Sang Kyai ...