RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Mitra Update
Home » Catatan Siar » Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah dan Kesehatan

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah dan Kesehatan

zaitunMitraFM.com– Sebelum mengetahui khasiat dan manfaat minyak zaitun untuk wajah maupun untuk kesehatan ada baiknya mengetahui dulu apa itu minyak zaitun. Olive oil atau minyak zaitun adalah sebuah minyak yang didapatkan dari buah zaitun dan mempunyai beberapa jenis. Dipasaran sendiri setidaknya ada 3 jenis minyak zaitun, mulai dari minyak zaitun biasa, virgin, dan extra virgin. Untuk membedakan setiap jenis tersebut dapat dilihat dari proses pengolahan dan juga kualitas buah zaitun yang diperas untuk diambil minyaknya.

Didalam minyak zaitun terdapat berbagai kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Namun selain itu minyak alami ini juga kerap dimanfaatkan untuk perawatan tubuh seperti kecantikan kulit dan rambut. Salah satu kandungan dalam minyak ini adalah omega 9 atau asam oleat. Karena kandungan ini merupakan lemak tak jenuh tunggal maka salah satu manfaat minyak zaitun yakni mengatasi atau menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh.

Apabila anda mempunyai minyak zaitun, anda dapat memanfaatkannya untuk menunda proses penuaan dini. Manfaat minyak zaitun untuk wajah akan semakin terasa apabila diterapkan secara rutin. Pasalnya minyak zaitun mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan dapat meminimalisir kulit keriput. Nah berikut ini beberapa manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan untuk wajah.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan:

  1. Menjaga kesehatan jantung
    Untuk menjaga kesehatan jantung anda dapat mengonsumsi minyak zaitun 2 sendok makan perharinya. Kandungan lemak tak jenuh dan antioksidan dalam minyak ini secara tidak langsung akan menjaga kesehatan jantung anda.
  2. Meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL
    Apabila kada kolesterol jahat dalam tubuh anda tinggi, anda dapat mengonsumsi minyak zaitun secara rutin guna mengatasinya karena minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat.
  3. Dapat menurunkan berat badan
    Apabila anda ingin menurunkan berat badan, anda dapat mulai mengonsumsi minyak zaitun 1-2 sendok makan setiap harinya. Namun konsumsi minyak ini 2 jam sebelum makan.
  4. Mencegah kanker
    Kerusakan sel dapat memicu terjadinya kanker, untuk mencegahnya anda dapat mengonsumsi minyak zaitun secara rutin karena dalam minyak ini terkandungPolyphenol, yakni antioksidan.
  5. Mencegah osteoporosis
    Minyak zaitun dapat membantu penyerapan kalsium sehingga dapat mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis.
  6. Mengatasi rambut rontok
    Apabila anda mengalami kerontokan rambut cobalah mencampurkan 2 sendok makan minyak zaitun dengan 1 sendok makan minyak kelapa, setelah itu balurkan pada rambut anda. Tunggu beberapa saat kemudian bilas rambut sampai bersih dengan air. Minyak zaitun ini dapat menekan hormon DTH penyebab rambut rontok.
  7. Mengatasi bibir kering dan pecah-pecah
    Bibir kering dan pecah-pecah dapat disebabkan karena berbagai faktor. Nah untuk mengatasinya anda dapat mencoba mengoleskan minyak zaitun pada bibir anda.

    Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan lainnya:

  8. Mengurangi dan memulihkan radang sendi
  9. Menurunkan kadar glukosa dalam darah
  10. Penangkal radikal bebas
  11. Memperbaiki kualitas ASI
  12. Mengurangi risiko terserang kanker rahim, colon, kulit dan lambung
  13. Mengobati penyakit wasir
  14. Membasmi kutu di rambut

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah:

  1. Menunda proses penuaan dini
    Pemecahan asam lemak tertentu dapat mempercepat proses penuaan dini. Namun kandungan antioksidan dan Vitamin E dalam minyak zaitun dapat mengatasinya.
  2. Mengatasi wajah berminyak
    Produksi minyak berlebihan pada kulit wajah dapat memicu timbulnya berbagai masalah seperti komedo dan jerawat. Untuk mengatasinya anda dapat menggunakan minyak zaitun dengan cara dijadikan masker. Langkah pertama campurkan minyak zaitun dengan bubuk cendana, setelah itu oleskan pada wajah dan biarkan selama 15 menit barulah bilas wajah dengan air dingin.
  3. Mengangkat kotoran di wajah
    Kotoran di wajah juga dapat memicu timbulkan komedo, jerawat, dan wajah kusam. Apabila anda ingin mengatasinya dengan minyak zaitun caranya cukup mudah, pertama basuh wajah anda terlebih dulu dengan air hangat setelah itu oleskan minyak zaitun dan biarkan selama 5 menit, setelah itu basuh wajah dengan air hangat dilanjutkan dengan air dingin untuk menutup pori-pori.
  4. Menghilangkan strech mark
    Apabila anda mempunyai strech mark, anda dapat menghilangkannya dengan cara mengoleskannya pada strech mark. Apabila dilakukan rutin dua kali dalam seminggu maka hasilnya strech mark anda akan hilang karena minyak zaitun ini dapat membantu meregenerasi kulit.
  5. Melembabkan kulit wajah
    Apabila kulit wajah anda kering, anda dapat melembabkannya dengan minyak zaitun. Caranya yakni dengan mencampurkan 1 sendok makan minyak zaitun dengan kuning telur dan 1 sendok makan madu murni. Setelah semua bahan tercampur rata kemudian oleskan pada wajah. Biarkan selama 15-20 menit barulah bilas wajah dengan air hangat.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat minyak zaitun untuk wajah dan juga untuk kesehatan anda. Kuncinya hanya satu yakni diterapkan secara rutin. Minyak ini sangat baik untuk perawatan wajah dan kulit karena mengandung Vitamin E.

 

Baca Juga

mitrafm.com Jelajah Tempat Wisata di Lombok yang Cantiknya Bikin Betah

Jelajah Tempat Wisata di Lombok yang Cantiknya Bikin Betah

MitraFM.com – Jelajah Tempat Wisata di Lombok yang Cantiknya Bikin Betah. Pesona Lombok memang tidak bisa ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen + fifteen =