RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Mitra Update
Home » Catatan Siar » Takwa Solusi Hidup 

Takwa Solusi Hidup 

takwa-2MitraFM.com– Saudaraku,

Hidup ini seperti kurva tak beraturan. Tak seorangpun bisa memprediksi peristiwa yang akan dihadapinya besok. Semenit ke depan pun tak ada orang yang tahu akan terjadi apa. Bisa saja saat sekarang kita merasakan kegembiraan, namun secepat kita bersedih karena kabar duka. Pun juga sebaliknya, pedih dan pilu sedang merundung hati, namun sekelebat waktu berikutnya kita tertawa bahagia.

Inilah hidup. Ibnul Jauzi rahimahullahu menuturkan: “Ketahuilah, hidup tak selalu sama. Allah ‘Azza wa Jalla berfirman, ”Hari-hari itu kami pergilirkan dalam (hidup) manusia.”

Manusia kadang miskin, kadang kaya. Kadang mulia, kadang hina. Kadang bahagia kadang berduka.

Saudaraku,

Nikmatnya menjadi orang beriman adalah ia memiliki resep mujarab menghadapi segala keadaan yang menimpanya. Resep itu bernama takwa. Ya, bertakwa kepada Allah ‘Azza wa Jalla.

Saat ia kaya, ketakwaannya menghiasi dirinya. Ketika ia miskin, ketakwaannya menuntunnya sabar. Ketika sehat, ketakwaannya menyempurnakan nikmat sehatnya. Dan ketika ditimpa cobaan hidup, ketakwaannya menjadikan ia tetap tegar.

Begitulah, takwa adalah sumber keselamatan dirinya.

Saudaraku,

Ketika ditimpa masalah dan cobaan, orang yang bertakwa memiliki sabar yang menjadikan hatinya lapang dan bahkan memperoleh pahala tanpa batas.

Allah Ta’ala berfirman : “Katakanlah, ‘Wahai hamba-hambaKu yang beriman, bertakwalah kepada Rabb-mu’. Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. Bumi Allah itu luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (Q.S az-Zumar: 10)

Orang-orang beriman dan bertakwa tidak lemah dan sedih hati. Sebab ia tahu bahwa segala sesuatu telah ditakdirkan olehNya dan terdapat hikmah di dalamnya.

Allah Ta’ala berfirman: “Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya) jika kamu orang-orang yang beriman” (QS. Ali ‘Imran : 139)

Semoga Allah Ta’ala berikan kita hidayah dan ketakwaan yang kokoh. Wallahu a’lam. (Kang Harits/ Muhasabah)

 

Baca Juga

Waktu-waktu yang Mustajab

MitraFM.com– Manusia makhluk yang lemah. Ia tidak sanggup memikul beban hidupnya sendiri. Ia membutuhkan tempat ...