RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Catatan Siar » Memperbanyak Puasa Sunnah

Memperbanyak Puasa Sunnah

sunnah-puasaMitraFM.com– Saudaraku,

Ada kenikmatan dalam ibadah. Kenikmatan melebihi segala kenikmatan. Kenikmatan yang hanya bisa dirasakan oleh mereka yang mengerjakan ibadah karena Allah semata.

Salah satu ibadah yang memberi pengaruh besar bagi jiwa seorang hamba adalah puasa. Selain puasa wajib di bulan ramadhan, seorang muslim bisa memperbanyak puasa sunnah yang telah dicontohkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Setiap pekannya kita bisa mengerjakan puasa Senin dan Kamis. Dalam satu riwayat disebutkan, dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari senin dan kamis.” (HR. An Nasai dan Ibnu Majah)

Saudaraku,

Selain puasa Senin dan Kamis, tiap bulan kita juga bisa mengerjakan puasa ayyamul bidh, yakni puasa tiga hari setiap bulan.

Dari Abu Dzar, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda padanya: “Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15 (dari bulan Hijriyah).” (HR. Tirmidzi)

Jika kita menginginkan lebih dari puasa-puasa tersebut, masih terdapat puasa Daud, yakni sehari puasa sehari berbuka.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Puasa yang paling disukai oleh Allah adalah puasa Nabi Daud. Shalat yang paling disukai Allah adalah Shalat Nabi Daud. Beliau biasa tidur separuh malam, dan bangun pada sepertiganya, dan tidur pada seperenamnya. Beliau biasa berbuka sehari dan berpuasa sehari.” (HR. Bukhari)

Saudaraku,

Benar, memperbanyak puasa akan memberi pengaruh besar bagi jiwa yakni tentram dan sabar. Itulah salah satu hikmah disyariatkannya puasa.

Mari perbanyak puasa!

Selain puasa sunnah tiap pekan dan bulannya, terdapat pula di waktu-waktu tertentu dan bulan-bulan tertentu. Misalnya sya’ban.

‘Aisyah radhiyallahu ‘anha mengatakan, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak biasa berpuasa pada satu bulan yang lebih banyak dari bulan Sya’ban. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa pada bulan Sya’ban seluruhnya.” (HR. Bukhari)

Pun juga terdapat di bulan Syawal. Puasa enam hari yang pahalanya besar.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia seperti berpuasa setahun penuh.” (HR. Muslim)

Saudaraku,

Mari selalu berupaya memperbanyak puasa sunnah agar jiwa kian tenang dan sabar, sunnah pun tegak. Wallahu a’lam. (Kang Harits/ Muhasabah)

Baca Juga

mitrafm.com Jangan Takut Berbagi

Jangan Takut Berbagi

MitraFM.com – Jangan Takut Berbagi. “Sebagian besar orang masih takut, ya takut untuk mengamalkan apa yang diyakini,” ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × five =