RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Mitra Update
Home » Catatan Siar » Bersama Orang Shalih Kilapkan Hati

Bersama Orang Shalih Kilapkan Hati

pren-2MitraFM.com– Saudaraku,

Teman memberi pengaruh besar dalam banyak hal. Allah Ta’ala bahkan menyebutkan dalam al Qur’an bahwa salah satu sebab para sahabat tetap semangat dalam iman karena keberadaan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di tengah-tengah mereka.

Allah Ta’ala berfirman : “Bagaimana mungkin (tidak mungkin) kalian menjadi kafir, sedangkan ayat-ayat Allah dibacakan kepada kalian, dan Rasul-Nyapun berada ditengah-tengah kalian? Dan barangsiapa yang berpegang teguh kepada (agama) Allah maka sesungguhnya dia telah diberi petunjuk kepada jalan yang lurus.” (QS. Ali ‘Imran: 101)

Saudaraku,

Berteman dengan orang shalih juga diperintahkan Allah Ta’ala.

Dia berfirman: “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar(jujur).” (QS. At Taubah: 119).

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga mengajarkan agar kita bersahabat dengan orang shalih. Sebab mereka akan memberikan kebaikan dengan nasihat-nasihatnya.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Seseorang yang duduk (berteman) dengan orang shalih dan orang yang jelek adalah bagaikan berteman dengan pemilik minyak misk dan pandai besi. Jika engkau tidak dihadiahkan minyak misk olehnya, engkau bisa membeli darinya atau minimal dapat baunya. Adapun berteman dengan pandai besi, jika engkau tidak mendapati badan atau pakaianmu hangus terbakar, minimal engkau dapat baunya yang tidak enak.” (HR. al-Bukhari)

Saudaraku,

Bahkan hanya dengan memandang wajah teman yang shalih pun hati kian mengkilap (tegar). Seorang shalafus shalih Fudhail bin ‘Iyadh berkata, “Pandangan seorang mukmin kepada mukmin yang lain akan mengilapkan hati.”

Orang-orang shalih dahulu jika tersa kurang semangat dalam ibadah, merekamendatangi teman-temannya yang shalih.

Seperti pernah diungkapkan oleh Abdullah bin Al Mubarak: “Jika kami memandang Fudhail bin ‘Iyadh, kami akan semakin sedih dan merasa diri penuh kekurangan.”

Begitu pula yang dilakukan Ja’far bin Sulaiman. Beliau berkata: “Jika hati ini ternoda, maka kami segera pergi menuju Muhammad bin Waasi’.”

Saudaraku,

Saat dirundung masalah dan duka mereka akan bisa saling menasihati bahwa hanya sekedar bertemu dengannya saja telah cukup.

Ibnul Qayyim berkisah, “Kami (murid-murid Ibnu Taimiyyah), jika kami ditimpa perasaan gundah gulana atau muncul dalam diri kami prasangka-prasangka buruk atau ketika kami merasakan sempit dalam menjalani hidup, kami segera mendatangi Ibnu Taimiyah untuk meminta nasihat. Maka dengan hanya memandang wajah beliau dan mendengarkan nasihat beliau serta merta hilang semua kegundahan yang kami rasakan dan berganti dengan perasaan lapang, tegar, yakin dan tenang.”Mari berteman hanya dengan orang shalih, dan rasakan manfaatnya! Wallahu a’lam. (Kang Harits/ Muhasabah)

Baca Juga

mitrafm.com Jelajah Tempat Wisata di Lombok yang Cantiknya Bikin Betah

Jelajah Tempat Wisata di Lombok yang Cantiknya Bikin Betah

MitraFM.com – Jelajah Tempat Wisata di Lombok yang Cantiknya Bikin Betah. Pesona Lombok memang tidak bisa ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen + six =