RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Catatan Siar » Mewaspadai Jebakan Dunia

Mewaspadai Jebakan Dunia

duniaMitraFM.com– Saudaraku,

Dunia memang tampak indah. Penuh pesona. Sudah begitu banyak orang yang terjebak cinta kepadanya karena tak kuasa oleh rayuannya. Dunia menawarkan keindahan pandangan mata. Emas permata, sawah ladang, kendaraan mewah, rumah megah dan keindahan-keindahan lainnya begitu memikat.

Siapa yang lemah imannya akan mudah terpedaya oleh keindahan dunia. Mereka lupa bahwa dunia ini bukan tempat tinggal sesungguhnya. Kita datang di dunia ini hanya untuk menyiapkan bekal untuk berangkat ke negeri abadi, akhirat.

Lihatlah, tidak ada orang yang selamanya di sini. Segala prestasi dunia dan harta yang dikumpulkannya tidak dibawa. Lupakah kita bahwa dunia ini hanya sebuah persinggahan sesaat? Berhati-hatilah dengan kilau dunia dan gemerlapnya yang sering menjebak.

Sungguh, Allah Ta’ala telah mengingatkan sifat-sifat dunia kepada kita sebagai peringatan agar kita tidak lalai dan terpedaya.

Dunia hanya tempat bermain-main dan senda gurau belaka.

Allah Ta’ala berfirman : “Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka, dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kalian memahaminya?” (QS. Al An’am : 32)

Saudaraku,

Ketahuilah, dunia ini hanya perhiasan yang melalaikan!

Allah Ta’ala berfirman : “Ketahuilah olehmu semua, bahwasanya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan senda-gurau, perhiasan dan bermegah-megah antara sesamamu, berlomba banyak kekayaan dan anak-anak. Perumpamaannya adalah seperti hujan yang mengherankan orang-orang kafir -yang menjadi petani- melihat tumbuh tanamannya, kemudian menjadi kering lalu engkau lihat menjadi kuning warnanya, kemudian menjadi hancur binasa. Dan di akhirat siksa yang amat sangat untuk mereka itu -yang berbuat kesalahan, juga pengampunan dari Allah serta keridhaan -bagi orang-orang yang berbuat kebaikan- dan tidaklah kehidupan dunia ini melainkan hanyalah kesenangan tipuan belaka.” (QS. Al-Hadid: 20)

Saudaraku,

Ukuran kemuliaan seorang hamba tidak ditentukan oleh banyaknya dunia yang diperolehnya. Sejatinya, sedikit dan banyaknya dunia adalah ujian belaka. Jangan mengira orang yang dilimpahi gemerlap dunia mereka orang yang paling bahagia.

Allah Ta’ala berfirman : ”Dan ketahuilah, bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar” (QS. Al-Anfaal : 28)

Ya, dunia ini hanya ujian dan cobaan. Mari berhati-hati. Semoga kita selamat dari jebakannya. Wallhu a’lam. (Kang Harits/ Muhasabah)

Baca Juga

Syahidah Pertama, Sumayyah binti Khayyat

MitraFM.com– Tauhidnya begitu teguh, sekeras baja.  Cahaya iman di hatinya tak pernah redup. Ia rela ...