RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Parenting » Anak » Kebiasaan yang Harus Diajarkan Pada Anak Sejak Usia Dini

Kebiasaan yang Harus Diajarkan Pada Anak Sejak Usia Dini

kebiasaanMitraFM.com– Memiliki anak yang baik, mengerti akan sopan santun dan peduli akan kesehatan tentunya menjadi kebanggaan dan dambaan bagi setiap orang tua. Hanya saja kebiasaan baik seperti itu, bukanlah perkara yang mudah dan terkadang para orangtua tidak mengetahui bagaimana cara terbaik untuk mendidik anak-anak mereka agar dapat melakukan kebiasaan baik tersebut.

Salah satu cara yang tepat untuk mengajarkan anak agar dapat berperilaku dan berkebiasaan baik maka orangtua perlu menjadi panutan atau contoh untuk anak-anaknya. Anak dapat belajar hampir dari keseluruhan apa yang mereka lihat, oleh karena itu penting sekali untuk menunjukan kepada mereka pola yang baik untuk diikuti. Untuk itu, jagalah sikap dan perilaku kita sebab apa yang kita lakukan akan pula memainkan peran pada kebiasaan dan perilaku anak.

Pastikan anda mengajarkan kebiasaan penting berikut pada anak sejak usia dini.

  1. Mengajarkan Anak Bertanggung Jawab

Mengajarkan anak tanggung jawab pada anak adalah hal yang penting. buatlah anak agar dapat mengambil tanggung jawab atas segala tindakan yang mereka perbuat. Dengan demikian, kebiasaan ini diharapkan dapat tertanam hingga anak berusia dewasa dengan demikian mereka akan lebih menghargai hidup dan menghargai orang lain. Misalkan ketika anak bermain dengan mainannya dan mulai membenjiri kamarnya dengan mainan-maianan. Setelah ia selesai bermain, mintalah anak untuk kembali membereskan kamar menjadi keadaan semula. Hal seperti ini mungkin dianggap sepele, hanya saja jika tidak diajarkan sejak kecil, hal ini mungkin akan berdampak buruk untuk anak.

  1. Sopan Santun

Hal selanjutnya yang harus anda ajarkan pada sikecil adalah tentang sopan santun atau perilaku yang baik. Lihatlah disekitar anda, anda akan mendapati bahwa saat ini bukan saja anak-anak yang kurang mengetahui makna sopan santun, bahkan orang dewasa sekalipun terkadang kurang memahaminya. Anak-anak selalu belajar dari manapun mereka bisa, baik dari lingkungan maupun dalam keluarganya. Untuk itu, penting sekali memperlihatkan sikap yang baik dan sopan santun agar mereka dapat belajar mengikuti perilaku tersebut. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menggunakan kata ‘tolong’ dan ‘terimakasih’, hal ini bertujuan untuk membiasakan anaka agar mereka memiliki sikap sopan santun.

  1. Belas Kasih

Tidak lengkap rasanya menanamkan kebaikan kepada anak-anak tanpa mengajarkan pelajaran berharga tentang kepedulian atau rasa belas kasihan. Mengajarkan anak untuk selalu peduli dan berbelas kasih terhadap sesama terutama mereka yang membutuhkan akan membuat anak menjalani kehidupan yang lebih baik. Anak-anak perlu diberikan pemahaman untuk dapat belajar memahami orang lain. Bicaralah dengan anak anda dan ajarkan mereka untuk melihat sesuatu dari sdur pandang oranglain. Jika anda berhasil menerapkan pelajaran ini, maka anak akan tumbuh menjadi pribadi yang selalu menolong sesama dan sebagai imbalannya, mereka akan dicintai oleh banyak orang.

  1. Kebaikan

Penting sekali mengajarkan segala tentang kebaikan kepada anak, agar anak tumbuh menjadi pribadi yang baik tidak keras. AJarkan pada mereka, tak peduli seberapa buruk perilaku orang, kita harus melawannya dengan kebaikan.

  1. Kebersihan

Sebagian orangtua tahu betapa sulitnya menanamkan kebiasaan untuk selalu menerapkan pola hidup yang bersih. Mungkin perlu lebih banyak waktu untuk mengajarkan anak tentang kebersihan seperti rajin madi, menggosok gigi dan lain sebagainya. Anda hanya perlu bersabar dan konsisten atas apa yang anda ajarkan kepada anak anda, selain itu berikan pula pemahaman bahwa mengapa mereka harus menjalani hal-hal tersebut. Dengan begitu, anak akan mulai mengerti dan mulai terbiasa untuk menjaga kebersihannya.

Mengajarkan kebiasaan baik kepada anak sebaiknya dilakukan sejak dini, sebab anak yang sudah tumbuh remaja akan sedikit sulit diarahkan dan diatur, sebab anak sudah memiliki pandangan dan keputusannya sendiri. Dengan mengajarkan beberapa kebiasaan baik diatas, diharapkan kebiasaan tersebut dapat terus mereka lakukan hingga dewasa.

 

Baca Juga

mitrafm.com Jangan Takut Berbagi

Jangan Takut Berbagi

MitraFM.com – Jangan Takut Berbagi. “Sebagian besar orang masih takut, ya takut untuk mengamalkan apa yang diyakini,” ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 + 18 =