RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Parenting » Anak » Memperkenalkan Ramadan pada Anak

Memperkenalkan Ramadan pada Anak

MitraFM.com– Saat ini kaki kita tepat berada di bulan Sya’ban. Terasa atau tidak, sebentar lagi jika Allah mengizinkan tapak kaki kita pun akan memasuki bulan mulia, Ramadan.

Sebagai seorang muslim, mungkin saat ini kita sudah mempersiapkan diri menyambut bulan penuh berkah. Kita telah berusaha menambah jam ibadah sunnah, meningkatkan kualitas ibadah wajib, dan menambal kekurangan puasa pada Ramadan sebelumnya. Tapi, bagaimana dengan putra-putri kita? Sudahkah mereka disiapkan menyambut bulan mulia ini? Jika belum, mari bersegera memperkenalkan Ramadan yang sebentar lagi akan tiba.

Ada beberapa cara yang bisa Anda tempuh untuk memperkenalkan bulan Ramadan pada buah hati Anda. Berikut ini contohnya:

  1. Mengingatkan anak tentang berbagai acara sambut Ramadan tahun lalu

Anak akan sangat bahagia jika mereka diingatkan kembali tentang acara sambut Ramadan yang pernah mereka ikuti. Misalnya: mengecat Musholla atau Masjid bersama, pawai Ramadan keliling kota, menghias kampung, atau yang lainnya.

  1. Mengkisahkan tentang Rasul dan Sahabat saat sambut Ramadan

Bagi Rasulullah dan sahabat, Ramadan adalah bulan istimewa. Mereka menyambutnya  suka cita dan bersedih ketika bulan ini pergi. Kisah-kisah perjuangan kaum muslimin dalam meraih kemenangan di bulan suci, bisa jadi pilihan untuk memperkenalkan Ramadan pada Si Kecil. Misalnya: kisah perang Badar, pembebasan kota Makkah , Islam masuk ke Yaman, dan berbagai kemenangan Islam lainnya ketika moment puasa.

  1. Mengingatkan kembali tentang kesuksesan buah hati menjalani bulan Ramadan tahun lalu

Jika putra-putri Anda sudah pernah melewati Ramadan akan lebih mudah memperkenalkannya. Anda bisa mengingatkan kembali tentang kesuksesan puasa mereka tahun lalu. Misalnya: Ramadan lalu mereka bisa berpuasa penuh dan mendapatkan hadiah. Anda pun bisa menawarkan hadiah lain jika mereka bisa melalui Ramadan tahun ini dengan gemilang. Dan tekankan pula bahwa hadiah terbesar adalah dari Allah, pahala dan surga-Nya.

  1. Memberikan pemahaman yang benar tentang keutamaan-keutamaan bulan Ramadan

Anda  bisa mulai memberikan pemahaman-pemahaman yang benar tentang keutamaan Ramadan. Gunakan bahasa yang mudah mereka pahami dan carilah waktu yang tepat agar mereka bisa faham. Anda pun bisa menggunakan model bercerita untuk memperkenalkan keutamaan-keutamaan bulan mulia ini pada mereka.

  1. Buatlah kegiatan keluarga yang menarik untuk sambut Ramadan

Anda bisa membuat kegiatan yang menarik untuk sambut Ramadan. Berkreasilah bersama mereka. Anda bisa mengecat atau pun menghias rumah dengan pernak pernik sambut ramadan. Jika putra-putri Anda pandai menggambar, Anda bisa membuat poster bersama mereka yang mengingatkan agar senantiasa bersemangat menjalani Ramadan.

  1. Melakukan evaluasi

Anda perlu melakukan evalusi jika semua upaya ini telah dilakukan dan mereka belum siap bertemu tamu agung ini. Tanyakan, kenapa mereka tidak senang dengan hadirnya ramadan? Apa yang membuat mereka tidak senang? Mungkinkah ada pengalaman buruk yang mereka hadapi pada Ramadan tahun lalu? Ketiga pertanyaan ini harus terjawab agar Anda bisa segera melakukan tindakan lain untuk mempersiapkan mereka menyambut bulan penuh berkah.

Jangan lupa mengemukakan harapan-harapan Anda agar Ramadan kali ini lebih baik dari Ramadan kemarin. Semoga dengan segala upaya kita mereka bisa menyambut Ramadan dengan gembira sebagaimana yang dilakukan oleh Rasul dan sahabat.
(Choirin Fitri/ Mitra 97FM)

 

Baca Juga

Belajar Sehebat al Fatih

MitraFM.com– Dari sisi keshalihannya, Muhammad Al-Fatih disebutkan tidak pernah meninggalkan tahajud dan shalat rawatib sejak ...