RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Parenting » Anak » Menjadi Bunda Kreatif

Menjadi Bunda Kreatif

MitraFM.com– “Bosan bunda, tiap hari makan tahu tempe,” keluh Si Sulung
“Bunda, kok masak itu lagi sih,” ayah ikut berkomentar
“Iya nih, bunda nggak kreatif,” Si Bungsu berujar pedas

Sebuah dialog fiktif yang mungkin pernah dialami oleh sebagian kaum ibu. Profesi sebagai seorang bunda memang dituntut kreatif dalam segala hal. Tidak hanya menyangkut urusan perut alias makanan, tetapi berbagai kebutuhan keluarga lainnya juga butuh sentuhan kreatif. Mulai tatanan rumah, pilihan warna dan model baju, hingga menjadwalkan berbagai aktivitas keluarga baik ketika hari biasa maupun hari libur harus dilakukan ibu dengan tangan kreatifnya.

Pusing? Mungkin itu yang akan dirasakan oleh bunda jika kreativitasnya mulai memudar. Mati ide juga menjadi satu momok tersendiri bagi para ibu. Jika, kreativitas bunda menurun akan berakibat pada keluarganya. Tidak nafsu makan, merasa bosan di rumah, hingga lebih senang hidup di rumah orang lain menjadi akibat yang tak sedap dipandang. Sungguh berbahaya jika hal itu sampai terjadi. Karena itu, sebagai seorang bunda, ia wajib menjaga kreativitasnya agar tidak menurun.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan jika tidak ingin kreativitas Anda sebagai seorang bunda hilang di telan massa:

  1. Menambah Ilmu

Menambah ilmu tak hanya wajib bagi putra putri Anda. Sebagai seorang bunda, Anda diharapkan memiliki ilmu kekinian dalam berbagai bidang. Menuntut ilmu tak harus di lembaga formal. Anda bisa memanfaatkan media sosial dan bergabung di grup-grup positif yang bisa menambah ilmu Anda. Membaca buku termasuk sarana efektif untuk menambah ilmu agar kreativitas Anda tidak pudar. Berdiskusi dengan orang lain tentang berbagai hal juga bisa Anda lakukan.

  1. Berani mencoba hal-hal baru

Tak semua orang berani mencoba hal-hal baru. Anda sebagai seorang bunda yang kreatif tak boleh seperti itu. Jangan takut gagal, itu prinsipnya. Mencoba resep-resep baru di dapur kesayangan Anda adalah tantangan tersendiri. Ketika sukses, bukan hanya Anda yang senang tapi suami dan buah hati Anda pun akan senang. Jika gagal, coba lagi, karena kegagalan adalah awal kesuksesan. Semakin Anda berani mencoba hal-hal baru, Anda akan semakin kreatif.

  1. Mulailah menulis

Mengapa harus menulis? Ya, menulis adalah salah satu sarana menguji kreativitas kita. Jika masih belum lihai menulis artikel atau pun puisi, tulislah seadanya. Jadwal harian Anda dan keluarga, kisah seru bersama buah hati Anda, resep masakan, dan berbagai hal bisa Anda tulis. Menulis pun bisa menghilangkan sedikit penat ketika Anda menjalani aktivitas harian sebagai seorang bunda.

  1. Berkreasilah dengan sampah rumah Anda

Tak ada ceritanya sebuah rumah tanpa sampah. Pasti ada sampah di dalamnya. Sampah-sampah yang ada pun tak semuanya harus masuk tong sampah. Dengan sedikit sentuhan kreatif, sampah bisa menjadi barang unik. Botol, kaleng, dan kardus susu bekas jadikan mainan anak. Bekas plastik minyak goreng atau botol air mineral bisa Anda gunakan sebagai pot untuk menanam sayur. Kertas-kertas bekas pun bisa Anda kreasikan sedemikian rupa menjadi barang yang berguna.

  1. Bergaullah dengan orang-orang yang kreatif

Teman bergaul pun sangat berpengaruh pada diri Anda. Teman yang baik akan membuat Anda menjadi lebih baik. Jika Anda memiliki teman tukang rumpi, Anda bisa jadi tukang rumpi pula. Tapi, jika teman Anda orang yang kreatif, Anda pun bisa mendapatkan ilmu darinya. Bukan sembarang ilmu, tapi ilmu yang semakin membuat Anda menjadi pribadi positif, bunda kreatif.

Menjadi bunda kreatif tak harus menunggu nanti, tapi saat ini. Saat kita mau, saat kita mampu. Selamat berkarya! (Choirin Fitri/ MitraFM)

Baca Juga

Belajar Sehebat al Fatih

MitraFM.com– Dari sisi keshalihannya, Muhammad Al-Fatih disebutkan tidak pernah meninggalkan tahajud dan shalat rawatib sejak ...