RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Catatan Siar » Menu Buka Puasa yang Sehat  dan Enak

Menu Buka Puasa yang Sehat  dan Enak

MitraFM.com– Menjaga  kesehatan selama bulan puasa tentunya sangat penting. Tidak hanya dengan rutin berolahrga dan juga istirahat yang cukup, tapi juga  menu yang kita konsumsi selama buka puasa.

Makanan yang kita konsumsi tidak hanya sekedar enak dan mengenyangkan tapi  juga harus sehat.  Kenapa harus sehat? Karena dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, secara otomatis tubuh kita juga menjadi sehat  dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Apalagi di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini jangan sampai puasa kita menjadi tidak optimal dikarena kita tidak menjaga asupan makanan yang kita konsumsi.

Ada beberapa rekomendasi menu buka puasa yang sehat juga enak, semoga menjadi inspirasi buat anda sekaligus bisa mengaplikasikannya di rumah.

Kurma

Kurma menjadi menu wajib yang sebaiknya ada di rumah. Awali b8uka puasa dengan mengkonsumsi kurma karena kurma mengandung gula alami yang cepat mengembalikan energi Anda setelah seharian penuh berpuasa. Setelah itu boleh Anda lanjutkan dengan makanan berat.

Takjil

Untuk mengkonsumsi menu takjil yang sehat tentu saja kita bisa membuat sendiri di rumah yang bebas dari perasa buatan ataupun pengawet yang membahayakan kesehatan. Anda bisa membuat sop buah sehat, selain di dalamnya ada berbagai buaah- buahan segar juga sebaiknya untuk rasa manisnya di ganti dengan madu.

Ikan Bakar

Ikan bakar tentu saja sehat dan enak untuk dijadikan salah satu alternatif buka puasa.  apalagi bagi pelaku diet ikan menjadi salah satu alternatif yang bisa dikonsumsi karena rendah lemak. Agar hidangan ini menjadi lebih sehat, sebaiknya ketika proses membakar, sebaiknya Anda tidak menggunakan mentega tapi olive oil. Begitu pula dengan bumbunya, bisa ditambahkan bumbu minimalis seperti perasaan jeruk nipis, merica dan juga sedikit kedap asin.

Aneka Sup

Setelah seharian berpuasa kita bisa mengkonsumsi makanan hangat yang dapat menenangkan perut bermasalah. Kita bisa buat sayur sup dengan aneka sayuran di dalamnya seperti kentang, kol, sawi, wortel dan juga ditambahkan daging ayam. Untuk alternatif lainnya, Anda bisa buat capcay kuah dengan aneka sayuran segar  seperti kol, wortel, sawi,  dan juga bisa ditambahkan udang .

Sayur Asem

jiika sayur lodeh memiliki karakter kuah yang sedap dan gurih, maka sayur asem bercita rasa kuah yang asem dan segar meskipun secara umum bahan-bahan yang digunakan hampir sama.

Urap Sayuran

Cara menyajikan aneka sayuran dengan bumbu urap kelapa kering yang disangrai alias tanpa minyak ini akan membuat menu sayur mayur saat berbuka puasa dan sahur menjadi kian istimewa. Cara membuatnya cukup praktis, sayuran direbus sebentar lalu dicampur dengan bumbu urap yang sebelumnya telah disangrai.

Kering tempe

Begitu juga dengan kering tempe campur teri dan kacang tanah ini, menu favorit ibu-ibu rumah tangga dari zaman dahulu kala yang biasa disimpan dalam toples kaca karena bisa dijadikan stok lauk pauk pendamping nasi.

Selamat mencoba dan berkreasi dengan menu buka puasa yang sehat dan juga enak. Semoga menginspirasi! (Suci Ardiyah/ Sapa Bunda)

Baca Juga

Nelayan Guru Mengaji ini Sedih Kala Harus Menolak Santri

Nelayan Guru Mengaji ini Sedih Kala Harus Menolak Santri

MitraFM.com – Nelayan Guru Mengaji ini Sedih Kala Harus Menolak Santri. Pak Ridwan dan Ibu Masitah merupakan ...