RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Mitra Update
Home » Catatan Siar » Mencintai Saudara Karena Allah

Mencintai Saudara Karena Allah

MitraFM.com– Saudaraku,

Cinta selalu meminta bukti. Ucapan cinta tidaklah cukup sebagai bukti cinta. Terlebih cinta kepada Allah dan karena Allah.

Seorang muslim mempunya cinta tertinggi yakni mencintai Allah dan rasulNya. Selanjutnya semua cinta hanya karena Allah dan RasulNya. Begitulah cinta yang sebenarnya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:“Tali iman yang paling kuat adalah mencintai karena Allah dan membenci karena Allah.” (HR. at-Tirmidzi).

Cinta karena Allah merupakan kesempurnaan iman seorang Muslim. Beliau bersabda:“Siapa saja yang mencintai karena Allah, membenci karena Allah, memberi karena Allah dan tidak memberi karena Allah, maka sungguh telah sempurna imannya.” (HR. Abu Dawud dan at-Tirmidzi)

Saudaraku,

Bagaimana cara mengokohkan cinta kepada saudara karena Allah?

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah memberikan panduan diantaranya dengan mengabarkan cinta kepada saudara.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Apabila ada seorang dari kalian mencintai saudaranya hendaklah dia mendatangi rumahnya dan mengabarinya bahwa ia mencintai dirinya karena Allah Subhanahu wa ta’ala.”

Selanjutnya adalah saling memberi hadiah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”Saling memberi hadiahlah kalian, niscaya kalian akan saling mencintai.” (HR. Bukhari)

Saudaraku,

Cara mengokohkan cinta kepada saudara karena Allah adalah dengan mengucap salam dan mendoakannya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidaklah kalian masuk surga sehingga kalian beriman. Tidakkah kalian beriman sehingga kalian saling mencintai. Maukah kalian aku tunjukkan tentang sesuatu yang apabila kalian lakukan kalian akan saling mencintai? Sebarkanlah salam di antara kalian.” (HR. Muslim)

Dan, jangan lupa saling mengunjungi!

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Wahai Abu Hurairah! berkunjunglah engkau dengan baik, tidak terlalu sering dan terlalu jarang, niscaya akan bertambah sayang.” (HR. Thabrani dan Baihaqi)

Tak kalah penting dari semua itu adalah menjauhi su’udhan dan ghibah. Saudara punya hak agar kehormatanyanya selalu terjaga. Siapa yang membuka aib saudara, bersiaplah dijauhi saudara. Wallahu a’lam.

Baca Juga

Geliatkan Ekonomi Produktif Pesantren

Geliatkan Ekonomi Produktif Pesantren

MitraFM.com – Geliatkan Ekonomi Produktif Pesantren. Tantangan yang sangat kasat mata bagi umat Islam saat ini adalah ...