RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Mitra Update
Home » Catatan Siar » Dzikir Menjemput Ketenangan

Dzikir Menjemput Ketenangan

MitraFM.com– Suadaraku,

Sibukkan diri selalu dalam kebaikan, jika tidak, engkau akan disibukkan oleh keburukan. Begitulah prinsip mengisi waktu bagi seorng muslim.

Waktu kita pendek. Hanya sebatas nafas yang berembus. Begitu embusannya berhenti, habis sudah umur kita. Tak ada lagi kesempatan beramal shalih.

Kita masih di sini, di dunia ini. Kesempatan menyiapkan bekal akhirat masih terbuka. Tak ada pilihan lain kecuali segera memanfaatkan kesempatan sebaik-baiknya. Sungguh, telah banyak orang yang terlambat berbekal keburu dijempul ajal.

Apakah kita tidak mengambil pelajaran?

Saudaraku,

Setiap diri menginginkan hidup nyaman tenteram. Hidup tanpa persoalan atau damai-damai saja. Lupakah kita berada di dunia, tempatnya ujian dan cobaan?

Ya, sejatinya wajar jika setiap diri menginginkan hidup penuh ketenangan. Sebab kita manusia. Hati kita lemah, jiwa mudah goncang, terlebih fitrahnya menyukai segala yang nyaman.

Kini, yang paling penting untuk diperhatikan adalah menemukan cara yang shahih agar keinginan meraih ketenangan tidak salah jalan. Sebab banyak orang yang terjebak ke dalam kubangan lumpur kemaksiatan demi meraih tenang dan tentramnya hati. Ya, mereka salah mengambil jalan.

Saudaraku,

Sungguh, jalan paling indah yang bisa ditempuh untuk meraih ketentraman dan ketenangan hati hanyalah jalan yang ditunjukkan oleh Allah dan Rasul-Nya.

Perhatikan firman Allah Ta’ala dalam al Qur’an : “Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah, hati menjadi tentram.” (Q.S Ar-Ra’du: 28)

Inilah jalan utama nan mulia untuk memperoleh ketenangan dan ketenteraman hidup seorang hamba.

Selebihnya, dengan berdzikir kepada Allah Ta’ala, seorang hamba tidak hanya mendapatkan  ketenangan dan ketentraman hati saja namun juga akan mendapatkan pahala dan balasan dari Allah Ta’ala.

Betapa hakekat kebahagiaan adalah dengan tenangnya hati dan lapangnya dada, sedangkan ketenangan hati diperoleh dengan berdzikir kepada Allah Ta’ala.

Saudaraku,

Mari berdzikir kepada Allah Ta’ala. Sebanyak-banyaknya. Dengan khusyu’. Dan, mengikuti petunjuk sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Wallahu a’lam. (Kang Harits/ Muhasabah)

 

Baca Juga

Teruslah Berbakti Kepada Orangtua

MitraFM.com– Saudaraku, Orangtua tetaplah orangtua, sampai kapanpun. Ya, meskipun kini kita telah menjadi orangtua bagi anak-anak ...