RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Mitra Update
Home » Catatan Siar » Tiga Nasihat Mulia Sang Nabi

Tiga Nasihat Mulia Sang Nabi

MitraFM.com– Seorang laki-laki menemui Nabi Shallallahu alaihi wa sallam lalu berkata, “Beri aku nasihat singkat.” Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Jika kamu hendak melaksanakan shalat, shalatlah seperti shalat terakhir, jangan mengatakan sesuatu yang membuatmu minta maaf di kemudian hari dan kumpulkan keputusasaan terhadap apa yang ada pada manusia.” (HR. Ahmad, Ibnu Majah)

Saudaraku,

Mari belajar nasihat Rasulullahu shallahu ‘alaihi wa sallam dalam hadits tersebut di atas!

Pertama, shalatlah seperti shalat terakhir.

Jika kita shalat seolah-olah shalat yang terakhir; tidak akan lagi shalat setelahnya, itu artinya kita diminta untuk membagusi shalat. Shalat dengan sungguh-sungguh dan sekhusyu’ mungkin. Sebab setelahnya kita tidak akan shalat lagi.

Setiap muslim harusnya mengingat nasihat ini, dipegang kuat-kuat agar menjadi pengingat dan motivasi shalat khusyu’.

Saudaraku,

Nasihat kedua Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan agar tidak berbicara yang membuat kita meminta maaf di kemudian hari. Nasihat ini tentang menjaga lisan.

Sungguh, betapa banyak orang yang terjerus dalam keburukan dan kehinaan lantaran kecerobohan lisannya. Muhasabahi ucapan sebelum disampaikan. Pikirkan baik buruknya ucapan sebelum disampaikan. Jika baik, silakan disampaikan, jika buruk atau ragu-ragu, tahan lisan.

Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir maka hendaknya berkata yang baik atau diam.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Teramat banyak orang yang menjatuhkan diri pada kesalahan tersebab ucapan yang tidak dipertimbangkan. Bahayanya bukan hanya dunia, tapi juga akhirat.

Saudaraku,

Nasihat ketiga ajakan qana’ah, yakni menggantungkan hati hanya kepada Allah, dan memupuskan harapan terhadap harta-harta yang di tangan manusia.

“Kumpulkan keputusasaan terhadap apa yang ada pada manusia.” Ya, kita harus bertekad memutuskan asa terhadap apa saja yang di tangan manusia. Tidak menggantungkan harapan kepada manusia. Hendaklah hanya kepada Allah Ta’ala kita gantungkan harapan sepenuhnya.

Saudaraku,

Siapa saja yang memutus pengharapan terhadap segala sesuatu yang di genggaman manusia hidupnya akan mulia. Siapa yang menggantungkan hatinya hanya kepada Allah, tidak mengharap kecuali kepada Allah, tidak meminta hajatnya kecuali kepada Allah, tidak bertawakkal kecuali hanya kepada Allah, maka Allah akan mencukupkan segala kebutuhan dunia dan akhiratnya.

Wallahu a’lam.

 

Baca Juga

Teruslah Berbakti Kepada Orangtua

MitraFM.com– Saudaraku, Orangtua tetaplah orangtua, sampai kapanpun. Ya, meskipun kini kita telah menjadi orangtua bagi anak-anak ...