RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Mitra Update
Home » Catatan Siar » Keutamaan Shalat Malam (Tahajjud)

Keutamaan Shalat Malam (Tahajjud)

MitraFM.com– Qiyamul lail atau shalat malam disebut pula shalat tahajjud adalah ibadah agung. Setiap orang yang istiqamah melakukannya akan memperoleh kemuliaan dan keutamaan karenanya..

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: “Dan pada sebagian malam bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra’:79)

Diantara keutamaan-keutaman shalat malam yang disebutkan di dalam al Qur’an dan Sunnah diantaranya:

Shalat Malam Merupakan Kebiasaan Orang Shalih.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda : “Hendaklah kalian shalat malam, karena ia kebiasaan yang dikerjakan orang-orang shalih sebelum kalian, ia adalah ibadah yang mendekatkan diri kepada Rabb kalian, penghapus berbagai kesalahan dan pencegah perbuatan dosa.” (HR. Tirmidzi)

Shalat Malam Adalah Shalat yang DisaksikanMalaikat

Diriwayatkan dari Amr bin Abasah radhiyallahu ‘anhu berkata : Aku berkata : Wahai Rasulullah, (bagian) dari malam manakah yang paling didengar (oleh Allah)? Beliau bersabda : “Pertengahan malam yang terakhir, maka shalatlah sesukamu, karena shalat tersebut disaksikan dan dicatat hingga kamu shalat subuh.” (HR. Abu Dawud)

Shalat Malam Mengantarkan Pelakunya Masuk Surga

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda : “Wahai manusia! Sebarkanlah salam, berilah makan dan shalatlah di malam hari ketika manusia sedang tidur lelap, niscaya kamu masuk surga dengan penuh kedamaian.” (HR. Ibnu Majah)

Keutamaan shalat malam selanjutnya, Allah akan Limpahkan Rahmat dan Kasih Sayang-Nya bagi suami istri yang mengerjakannya.

Rasulullah bersabda: “Allah merahmati seorang suami yang bangun di malam hari lalu dia shalat dan membangunkan isterinya, jika sang istri enggan, ia percikkan air ke wajahnya dan Allah merahmati seorang istri yang bangun di malam hari lalu dia shalat dan membangunkan suaminya jika suaminya enggan, dia percikkan air pada wajahnya.” (HR. Abu Dawud)

Saat shalat malam adalah saat ketika do’a dikabulkan

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda : “Sesungguhnya pada malam hari ada dua saat, tidaklah seorang muslim memohon kepada Allah kebaikan dari urusan dunia dan akhirat bertepatan dengan saat tersebut, melainkan Dia memberikan permohonan dan hal tersebut pada setiap malam.” (HR. Muslim)

Demikianlah beberapa keutamaan shalat malam dari sekian banyak keutamaannya. Semoga setiap penggal kemuliaannya mampu memotivasi semangat kita untuk menegakkannya. Wallahu a’lam.

Baca Juga

Waktu-waktu yang Mustajab

MitraFM.com– Manusia makhluk yang lemah. Ia tidak sanggup memikul beban hidupnya sendiri. Ia membutuhkan tempat ...