RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Mitra Update
Home » Catatan Siar » Meraih Wajah Bercahaya

Meraih Wajah Bercahaya

MitraFM.com– Saudaraku,

Jangan pernah memandang sepele sebuah amal shalih. Ya, meskipun amalan itu telah menjadi kebiasaan dan berulang-ulang dilakukan. Jangan bosan melakukannya. Wudlu’ misalnya.

Wudhu’ bukan amalan yang biasa. Betapa tidak, terdapat banyak keutamaan wudhu yang disebutkan dalam berbagai riwayat.

Wudhu disebut sebagai amalan penentu diterimanya sebuah amal utama, yakni shalat. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Tak akan diterima shalatnya orang yang berhadats sampai ia berwudhu.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Saudaraku,

Kelak, di akhirat wudhu akan menjadi penanda umat Rasulullah shallahu ‘alaihi wa sallam. Bekas wudhu akan tampak di wajah dengan putih bersih. Wajah yang bercahaya. Bukan hanya di wajah, kaki orang yang rajin berwudhu juga tampak bersih.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya mereka (umat beliau) akan datang dalam keadaan putih wajah dan kakinya karena wudhu’. Sedang aku akan mendahului mereka menuju telaga. Ingatlah, sungguh akan terusir beberapa orang dari telagaku sebagaimana onta tersesat terusir. Aku memanggil mereka, “Ingat, kemarilah!!” Lalu dikatakan (kepadaku), “Sesungguhnya mereka melakukan perubahan setelahmu”. Lalu aku katakan, “Semoga Allah menjauhkan mereka”. (HR. Muslim)

Memang, wudhu’ itu sederhana. Namun keutamaannya luar biasa. Betapa ruginya orang-orang yang meninggalkan amal ini.

Saudaraku,

Mari mulai membiasakan amal shalih agar ia menjadi kharakter kita. Seperti wudhu’ ini. Setiap mukmin hendaknya menjadikan wudhu’ sebagai bagian dari kebiasaannya. Sebab ia bagian dari imannya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Bersuci (wudhu’) adalah separuh iman. Alhamdulillah akan memenuhi mizan (timbangan). Subhanallah wal hamdulillah akan memenuhi antara langit dan bumi. Shalat adalah cahaya. Shadaqah adalah tanda. Kesabaran adalah sinar. Al-Qur’an adalah hujjah (pembela) bagimu atau hujatan atasmu. Setiap orang keluar di waktu pagi; maka ada yang menjual dirinya, lalu membebaskannya atau membinasakannya”. (HR. Muslim)

Selain itu wudhu’ juga menjadi penghapus dosa-dosanya.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Maukah kalian aku tunjukkan tentang sesuatu (amalan) yang dengannya Allah menghapuskan dosa-dosa, dan mengangkat derajat-derajat?” Mereka berkata, “Mau, wahai Rasulullah!!” Beliau bersabda, “(Amalan itu) adalah menyempurnakan wudhu’ di waktu yang tak menyenangkan, banyaknya langkah menuju masjid, dan menunggu shalat setelah menunaikan shlat. Itulah pos penjagaan.”(HR. Muslim)

Semoga Allah kumpulkan kita menjadi hamba-hambaNya yang bersih dan bercahaya kelak di akhirat. Wallahu a’lam. (Kang Harits/ MitraFM)

 

Baca Juga

Waktu-waktu yang Mustajab

MitraFM.com– Manusia makhluk yang lemah. Ia tidak sanggup memikul beban hidupnya sendiri. Ia membutuhkan tempat ...