RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Catatan Siar » Keutamaan Membaca al Qur’an

Keutamaan Membaca al Qur’an

MitraFM.com– Kita telah mengikrarkan diri sebagai seorang muslim dengan syahadat. Sebagai muslim kita yakin dan menjadikan al Qur’an sebagai pedoman hidup. Sungguh, kita tidak akan banyak mengetahui isi dan kebenaran al Qur’an hingga kita membaca, mempelajari dan mengamalkannya.

Namun sayang, faktanya tidak sedikit diantara kita yang tidak akrab dengan al Qur’an. Padahal Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam sudah menjelaskan berbagai keutamaan orang-orang yang membaca dan mempelari al Qur’an.

Diantara keutamaan membaca dan mempelajari al Qur’an adalah;

Mempelajari al Qur’an menjadikan diri sebaik-baik Manusia.

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Sebaik-baik kalian yaitu orang yang mempelajari al Qur`an dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari)

Setiap muslim yang membeca al Qur’an akan dikumpulkan bersama para Malaikat.

Rasulullahshallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Orang yang membaca al Qur`an dan ia mahir dalam membacanya maka ia akan dikumpulkan bersama para Malaikat yang mulia lagi berbakti. Sedangkan orang yang membaca Al Qur`an dan ia masih terbata-bata dan merasa berat (belum fasih) dalam membacanya, maka ia akan mendapat dua ganjaran.” (Muttafaqun `alaih)

Hanya dengan membaca al Qur’an kita akan memperoleh syafa`at darinya.

Rasulullah bersabda : “Bacalah al Qur`an, maka sesungguhnya ia akan datang pada Hari Kiamat sebagai syafa’at bagi ahlinya (yaitu orang yang membaca, mempelajari dan mengamalkannya).” (HR. Muslim)

Qur’an sebagai lumbung pahala bagi orang yang membacanya.

Rasulullah bersabda: “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah (al Qur`an) maka baginya satu kebaikan. Dan satu kebaikan akan dilipat gandakan dengan sepuluh kali lipat. Saya tidak mengatakan “Alif lam mim” itu satu huruf, tetapi “Alif” itu satu huruf, “Lam” itu satu huruf dan “Mim” itu satu huruf.” (HR. At Tirmidzi)

Diantara keutamaan lainnya, orangtua yang anaknya rajin membaca al Qur’an kelak beliau mendapat mahkota

Rasulullah bersabda : “Barangsiapa yang membaca al Qur`an dan mengamalkan apa yang terdapat di dalamnya, Allah akan mengenakan mahkota kepada kedua orangtuanya pada Hari Kiamat kelak. (Dimana) cahayanya lebih terang dari pada cahaya matahari di dunia. Maka kamu tidak akan menduga bahwa ganjaran itu disebabkan dengan amalan yang seperti ini.” (HR. Abu Dawud)

Demikian beberapa keutamaan membaca al Qur’an dari sekian banyak keutamaan yang disebutkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dalam banyak sabdanya. Semoga semakin memotivasi kita terus istiqamah membaca al Qur’an. Wallahu a’lam.

Baca Juga

Syahidah Pertama, Sumayyah binti Khayyat

MitraFM.com– Tauhidnya begitu teguh, sekeras baja.  Cahaya iman di hatinya tak pernah redup. Ia rela ...