RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Catatan Siar » Amalan Sunnah Harian Istimewa

Amalan Sunnah Harian Istimewa

MitraFM.com– Tidak ada yang remeh dari sebuah amal shalih, meskipun terkesan sederhana dan biasa-biasa saja. Pahala besar dijanjikan bagi orang-orang yang istiqamah beramal shalih meskipun sedikit.

Rasulullah shallallahu ‘laihi wa sallam bersabda, “Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta’ala adalah amalan yang kontinyu walaupun sedikit.” (HR. Muslim)

Terdapat sedikitnya lima amalan harian sederhana tetapi istimewa karena berpahala begitu besar jika kita istiqamah mengamalkannya diantaranya :

Membaca Al-Quran

Membaca Al-Quran adalah amalan paling banyak pahalanya. Betapa tidak, setiap satu huruf yang dibaca akan dibalas satu kebaikan dan dilipatkan menjadi sepuluh kebaikan.

Rasulullah bersabda, “Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi sepuluh kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan ‘Alif laam miim’ satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi)

Berikutnya Istiqamah Shalat Rawatib

Rasulullah bersabda, “Seorang hamba yang muslim melakukan shalat sunnah yang bukan wajib, karena Allah, (sebanyak) dua belas raka’at dalam setiap hari, maka Allah akan membangunkan baginya sebuah rumah (istana) di surga.” (HR. Muslim)

Itulah balasan istimewa bagi yang istiqamah shalatrawatib 12 rakaat, yakni 2 rakaat sebelum shubuh, 2 rakaat sebelum dhuhur, 2 rakaat setelah dhuhur, 2 rakaat setelah maghrib dan 2 rakaat setelah isya.

Amalan istimewa lainnya adalah Istiqamah Shalat Dhuha

Betapa besar pahala shalat dhuha.

Rasulullah bersabda, “Tiap pagi ada kewajiban sedekah bagi tiap ruas tulang kalian, setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, memerintahkan untuk melakukan kebaikan adalah sedekah, melarang dari kemungkaran adalah sedekah, dan semua itu dapat tercukupi dengan melakukan dua rakaat shalat dhuha.” (HR. Muslim)

Berdzikir Membaca Tasbih, Tahmid, dan Tahlil pagi dan petang.

Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang membaca ’subhanallahi wa bihahmdih’, sebanyak seratus kali sehari, akan diampuni dosa-dosanya meskipun sebanyak buih di lautan.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Itulah beberapa amalanharian sederhana namun istimewa karena berpahala besar. Semoga kita termasuk orang-orang yang belajar istiqamah mengamalkannya. Wallahu a’lam.

Baca Juga

Syahidah Pertama, Sumayyah binti Khayyat

MitraFM.com– Tauhidnya begitu teguh, sekeras baja.  Cahaya iman di hatinya tak pernah redup. Ia rela ...