RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Mitra Update
Home » Catatan Siar » Belajar Secerdas Qadhi Iyas

Belajar Secerdas Qadhi Iyas

MitraFM.com– Belajar dari kehidupan orang-orang shalih akan kita temukan lautan ilmu dan hikmah. Tidak terkecuali kita temui pandangan yang jernih dan kecerdasan yang mencengangkan.

Misalnya sosok mulia ini, Qadhi Iyas bin Muawiyah. Beliau dikenal sebagai hakim yang luas ilmunya dan cerdas. Tidak sedikit orang berdatangan kepadanya dari berbagai penjuru untuk bertanya tentang ilmu dan agama. Sebagian ingin belajar, sebagian lagi ada yang ingin menguji dan ada pula yang hendak berdebat kusir.

Dikisahkan pernah datang seorang Duhqan ke majelis Qadhi Iyas dan mengajukan pertanyaan.

“Wahai Abu Wa’ilah, bagaimana pendapatmu tentang minuman yang memabukkan?”

Iyas berkata, “Haram!”

Duhqan berkata, “Dari sisi mana dikatakan haram, sedangkan ia tak lebih dari buah dan air yang diolah, sedangkan keduanya sama-sama halal?”

Qadhi Iyas berkata, “Apakah engkau sudah selesai bicara, wahai Duhqan, ataukah masih ada yang hendak kau utarakan?”

“Sudah, silakan bicara!” kata Duhqan.

Iyas: “Seandainya kuambil air dan kusiramkan ke mukamu, apakah engkau merasa sakit?”

Duhqan: “Tidak!”

Iyas: “Jika kuambil segenggam pasir dan kulempar kepadamu, apakah terasa sakit?”

Duhqan: “Tidak!”

Iyas: “Jika aku mengambil segenggam semen dan kulemparkan kepadamu, apakah terasa sakit?”

Duhqan: “Tidak!”

Iyas: “Sekarang, jika kuambil pasir, lalu kucampur dengan segenggam semen, lalu akau tuangkan air di atasnya dan kuaduk, lalu kujemur hingga kering, lalu kupukulkan ke kepalamu, apakah engkau merasa sakit?”

Duhqan: “Benar, bahkan bisa membunuhku.”

Iyas: “Begitulah halnya dengan khamr. Di saat kau kumpulkan bagian-bagiannya lalu kau olah menjadi minuman yang memabukkan, maka dia menjadi haram.”

Ketika beliau menjabat sebagai hakim terbukti beliau benar-benar cerdas,dan pikirannya cemerlang dalam menyingkap hakikat suatu masalah sampai seakar-akarnya.  Semoga Allah anugerahkan kepada kita ilmu yang luas dan bermanfaat bagi diri dan ummat.

Baca Juga

Kenikmatan Dibalik Kenikmatan

MitraFM.com– Tak ada kenikmatan melebihi nikmat iman. Sangat beruntung orang-orang beriman karena dengan imannya ia ...