RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Catatan Siar » Teruslah Berbakti Kepada Orangtua

Teruslah Berbakti Kepada Orangtua

MitraFM.com– Saudaraku, Orangtua tetaplah orangtua, sampai kapanpun. Ya, meskipun kini kita telah menjadi orangtua bagi anak-anak kita. Berbakti kepada kedua orangtua tidak pernah dibatasi oleh usia. Artinya, sampai kapanpun, seorang anak wajib atas berbakti kepada kedua orangtuanya.

Ayah dan ibu adalah sebab sunnatullah lahir kita di dunia ini. Mereka berjasa besar atas kehadiran kita di dunia ini. Siapapun mereda dalam keadaan bagaimanapun mereka, itulah orangtua kita.

Sebagai seorang muslim, berbakti kepada kedua orangtua adalah kewajiban besar. Betapa tidak, berbakti kepada kedua orangtua atau birrul walidain menjadi perinta setelah menyembah Allah Ta’ala.

Allah Ta’ala berfirman : “ Dan sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun. Dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua “ (QS. An-Nisa :  36)

Saudaraku,

Berbakti kepada orangtua adalah amalan yang agung. Kedudukannya berada diantara keutamaan shalat dan jihad. Ya, rasulullah menyebutkan sebagai amalan yang dicintai Allah Ta’ala.

Dari Abdullah bin Mas’ud mudah-mudahan Allah meridhainya dia berkata : Saya bertanya kepada Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam: Apakah amalan yang paling dicintai oleh Allah?, Bersabda Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam: “Shalat tepat pada waktunya”, Saya bertanya : Kemudian apa lagi?, Bersabada Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam “Berbuat baik kepada kedua orang tua”. Saya bertanya lagi : Lalu apa lagi?, Maka Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda : “Berjihad di jalan Allah.” (HR. al-Bukhari dan Muslim)

Lalu apa yang menghalangi kita berbakti kedapa kedua orangtua?

Saudaraku,

Terdapat hadits yang sangat populer tentang ridha orangtua yang menjadi syarat ridha Allah Ta’ala. Hal ini menunjukkan bahwa kedudukan ridha orangtua begitu tinggi. Oleh karena itu, carilah ridhanya dengan berbakti kepadanya.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :  “ Ridha Allah terletak pada ridha orang tua, dan murka Allah terletak pada murka orang tua.” (HR. At-Tirmidzi)

Sungguh, sangat beruntung orang-orang yang kini masih dianugerahi orangtua yang masih hidup. Sebab kesempatan meraih surga dengan berbakti terbuka lebar. Wallahu a’lam

 

 

Baca Juga

Syahidah Pertama, Sumayyah binti Khayyat

MitraFM.com– Tauhidnya begitu teguh, sekeras baja.  Cahaya iman di hatinya tak pernah redup. Ia rela ...