RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Mitra Update
Home » Catatan Siar » Keistimewaan Shalat Lima Waktu

Keistimewaan Shalat Lima Waktu

MitraFM.com– Diantara ibadah-ibadah yang lain, shalat lima waktu memiliki banyak keistimewaan. Ada keistimewaan yang disebutkan secara umum, ada pula yang disebutkan secara khusus pada shalat-shalat tertentu.

Berbagai keistimewaan shalat lima waktu telah disebutkandi dalam al Qur’an dan as Sunnah diantaranya :

Shalat bisa menghapus dosa-dosa kecil.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:  “Shalat lima waktu dan shalat Jum’at ke Jum’at berikutnya adalah penghapus dosa antara keduanya selama tidak melakukan dosa besar.” (HR. Muslim )

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidaklah seorang muslim didatangi shalat fardlu, lalu dia membaguskan wudlunya dan khusyu’nya dan shalatnya, melainkan itu menjadi penebus dosa-dosanya terdahulu, selama dia tidak melakukan dosa besar. Dan itu (berlaku) pada sepanjang zaman.” (HR. Muslim)

Secara khusus shalat subuh disebut sebagai shalat yang disaksikan Malaikat.

Allah Ta’ala berfirman:  “Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).” (QS. Al-Isra`: 78)

Keistimewaan lainnya, shalat Subuh dan ‘Ashar akan menghindarkan pelakunya dari neraka.

Imarah bin Ru’aibah radhiallahu anhu dia berkata: Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:  “Tidak akan masuk neraka seseorang yang shalat sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya.” (HR. Muslim)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:  “Barangsiapa mengerjakan shalat pada dua waktu dingin, maka dia akan masuk surga.” (HR. Al-Bukhari )

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa shalat subuh, maka ia berada dalam jaminan Allah, oleh karena itu jangan sampai Allah menuntut sesuatu dari kalian sebagai imbalan jaminan-Nya, sehingga Allah menangkapnya dan menyungkurkannya ke dalam neraka jahannam.” (HR. Muslim)

Shalat Shubuh dan Ashar  adalah yang mengantarkan seorang hamba melihat Rabbnya.

Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya kalian akan melihat Rabb kalian sebagaimana kalian melihat bulan purnama ini. Dan kalian tidak akan saling berdesakan dalam melihat-Nya. Maka jika kalian mampu untuk tidak terlewatkan melaksanakan shalat sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya, maka lakukanlah.” (HR. Al-Bukhari  dan Muslim)

Jaga selalu shalat lima waktu, sebab ia amal yang pertama kali akan dihisab. Siapa saja yang menegakkan shalat ia akan selamat, dan yang merobohkannya akan celaka. Wallahu a’lam

Baca Juga

Pengobatan Gratis & Sembako Warga Negeri di Atas Awan

Pengobatan Gratis & Sembako Warga Negeri di Atas Awan

MitraFM.com – Pengobatan Gratis & Sembako Warga Negeri di Atas Awan. Baitul Maal Hidayatullah (BMH) terus bergerak ...