RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Catatan Siar » Lima Larangan Bagi Muslimah

Lima Larangan Bagi Muslimah

MitraFM.com– Di dalam syariat ada maslahat. Itulah kaidah Islam atas semua aturannya. Tidak terkecuali dengan berbagai larangan yang ada di dalam ajarannya. Terlebih bagi para muslimah, sebuah larangan adalah sebentuk penjagaan atas kemuliaannya.

Terdapat beberapa larangan atas Muslimah yang disebutkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam di berbagai sabdanya untuk menjaga kemuliaan dan kesucian kaum Muslimah, diantaranya:

Larangan Memakai Parfum Ketika Keluar Rumah

Nabi shallallahu’alaihi wa sallam bersabda : “Perempuan manapun yang menggunakan parfum kemudian melewati suatu kaum agar mereka mencium wanginya maka dia seorang pezina.” (HR Ahmad)

Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ”Siapa saja perempuan yang memakai parfum maka janganlah ia menghadiri shalat isya di masjid bersama kami.” (HR. Ahmad)

Muslimah tidak diperbolehkan Tabarruj (berhias) Ketika Keluar Rumah, sebab berhias hanya untuk suami saja.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Tiga orang (golongan) yang engkau tidak usah menanyakan lagi tentang keadaan mereka, yaitu: (1) orang yang memisahkan diri dari jama’ah kaum Muslimin dan ia durhaka kepada imamnya (khalifah) hingga meninggal dalam kondisi tersebut; (2) seorang budak yang lari dari tuannya, lalu ia meninggal; dan (3) seorang wanita yang ketika suaminya pergi telah dicukupi kebutuhan hidupnya namun ia bertabarruj; maka jangan engkau tanyakan lagi tentang (keburukan) mereka.” (HR. Ahmad)

Muslimah juga dilarang bepergian tanpa mahram.

Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam  bersabda: “Janganlah seorang wanita bepergian kecuali bersama mahramnya, dan jangan sampai ada laki-laki yang masuk menemuinya kecuali ia bersama mahramnya.” Kemudian salah seorang sahabat berkata: ‘Wahai Rasulullah, sesungguhnya saya hendak pergi bersama pasukan ini dan itu, sedangkan istriku ingin pergi haji. Maka Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Pergilah bersamanya.”(HR. Bukhari dan Muslim)

Larangan berikutnya dalah menyambung rambut, membuat tato di tubuhnya.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat wanita yang menyambung rambutnya dan wanita yang minta disambungkan rambutnya, wanita yang mentato (kulitnya) dan wanita yang meminta dibuatkan tato.” (Muttafaqun ‘alaih)

Muslimah juga dilarang mencukur alis, merenggangkan gigi

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Allah melaknat wanita yang mencukur alisnya dan wanita yang minta dicukurkan alisnya, wanita yang minta direnggangkan giginya untuk mempercantik diri, yang mereka semua merubah ciptaan Allah.” (Muttafaqun ‘alaih)

Demikianlah limapenjagaan Islam terhadap Muslimah agar tetap dalam kemuliaannya. Wallahu a’lam.

Baca Juga

Nelayan Guru Mengaji ini Sedih Kala Harus Menolak Santri

Nelayan Guru Mengaji ini Sedih Kala Harus Menolak Santri

MitraFM.com – Nelayan Guru Mengaji ini Sedih Kala Harus Menolak Santri. Pak Ridwan dan Ibu Masitah merupakan ...