RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Catatan Siar » Agar Iman Makin Kokoh

Agar Iman Makin Kokoh

MitraFM.com– Saudaraku,

Penting. Teramat penting menjaga iman agar tetap kokoh. Itulah pekerjaan orang-orang beriman sepanjang hidupnya.

Rumus utamanya adalah dengan memperbaiki kualitas dan kuantitas ibadah harian. Melaksanakan amalan-amalan wajib dan menambah yang sunnah. Itulah jalan yang mesti ditempuh untuk memperbaiki kualitas diri sebagai seorang hamba.

Tak aja jalan lain setelah menambah ilmu bagi orang-orang yang ingin memperbaiki diri kecuali meningkatkan amal shalih.

Jika yang wajib telah tertunaikan dengan baik, maka perbanyak amalan sunnah. Selain shalat wajib, sempurnakan dengan shalat sunnah rawatib 12 rakaat.

Ya, shalat 12 rakaat sunnah rawatib, yakni dua rakaat sebelum shubuh, empat rakaat sebelum zuhur, dua rakaat setelah zuhur, dua rakaat setelah magrib dan dua rakaat setelah isya. Selain sebagai penyempurna shalat wajib, Allah akan membangunkan rumah di Surga.

Rasulullah shallallahu ‘aikumus salam bersabda: “Barangsiapa yang shalat sunnah satu hari 12 rakaat, Allah akan membangunkan untuknya rumah di Surga.” (HR. Muslim)

Saudaraku,

Amalan istimewa yang lain, tak boleh diabaikan adalah qiyamullail atau tahajjud. Di sana terdapat pengabulan doa-doa, pengampunan dosa-dosa dan pemenuhan hajat serta keperluan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Allah Ta’ala turun setiap malam ke langit dunia. Di saat tersisa sepertiga malam terakhir. Allah berfirman, “Siapa yang berdoa kepada-Ku maka akan kuberikan permintaannya, dan siapa yang memohon ampunan pada-Ku akan Ku ampuni dia.” (HR. Bukhari)

Jangan lupa perbaiki shalat dhuha. Kerjakan 2 rakaat, 4 rakaat, atau 8 rakaat. Dhuha sangat bermanfaat bagi kita.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:Pada pagi hari diharuskan bagi seluruh persendian di antara kalian untuk bersedekah. Setiap bacaan tasbih (subhanallah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahmid (alhamdulillah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahlil (laa ilaha illallah) bisa sebagai sedekah, dan setiap bacaan takbir (Allahu akbar) juga bisa sebagai sedekah. Begitu pula amar ma’ruf (mengajak kepada ketaatan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. Ini semua bisa dicukupi (diganti) dengan melaksanakan shalat Dhuha sebanyak 2 raka’at. (HR. Muslim)

Saudaraku,

Amal paling sederhana namun berpahala adalah membaca al Qur’an. tetapi sayangnya banyak orang yang mengabaikan. Pun juga dengan membaca shalawat, memperbanyak istighfar. Perbaiki iman dengan dzikir, membaca al Qur’an, shalawat dan istighfar. In sya Allah hidup kian mudah dan berkah.

Rasulullah SAW “Barangsiapa yang membiasakan beristighfar maka Allah akan memberikan jalan keluar dari setiap kesempatan baginya, dan akan diberikan kelapangan dari kecemasan dan didatangkan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.” (Ibnu Majah dan Hakim) Wallahu a’lam

 

Baca Juga

Belajar Sehebat al Fatih

MitraFM.com– Dari sisi keshalihannya, Muhammad Al-Fatih disebutkan tidak pernah meninggalkan tahajud dan shalat rawatib sejak ...