RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Mitra Update
Home » Catatan Siar » Memperbanyak Bershalawat Tanda Cinta

Memperbanyak Bershalawat Tanda Cinta

MitraFM.com– Banyak bershalawat kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam  adalah tanda cinta seorang Muslim kepada beliau.

Para ulama mengatakan, “Siapa yang mencintai sesuatu, maka dia akan sering menyebutnya”.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman : ”Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikatNya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”(QS. Al-Ahzab: 56)

Diriwayatkan dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘Anhu, beliau berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam  bersabda:  “Barangsiapa yang mengucapkan shalawat kepadaku satu kali, maka Allah akan bershalawat baginya sepuluh kali, dan digugurkan sepuluh kesalahan (dosa)-nya, serta ditinggikan baginya sepuluh derajat/tingkatan (di surga kelak).” (HR .An-Nasa’i )

Hadits mulia ini menunjukkan keutamaan bershalawat kepada Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam  dan anjuran memperbanyakkan shalawat.

Sementara itu orang yang tidak bershalawat kepada baginda dikatakan oleh beliau sebagai orang bakhil. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: “Orang bakhil ialah mereka yang apabila disebut nama-Ku mereka tidak bershalawat.” (HR. At Tirmidzi)

Perbanyak Shalawat di Hari Jum’at

Kita disunnahkan memperbanyak membaca shalawat di hari jum’at.

Sebuah riwayat dari Aus bin Aus mengatakan : “Hari terbaik kalian adalah hari Jum’at, pada hari itu Adam diciptakan, pada hari itu dicabut nyawanya, pada hari itu akan terjadi tiupan sangkakala, pada hari itu dimatikannya seluruh makhluk pada hari kiamat, maka perbanyaklah membaca shalawat bagiku sebab shalawat kalian didatangkan kepadaku.”

Mereka bertanya : “Wahai Rasulullah, bagiamana shalawat kami didatangkan kepadamu padahal dirimu telah menjadi tulang belulang yang telah remuk? Atau mereka berkata: Engkau telah remuk menjadi tanah?” Maka Nabi Muhammad bersabda:  “Sesungguhnya Allah telah mengharamkan kepada bumi memakan jasad para Nabi ‘alaihimus shalatu was salam.” (HR. An-Nasa’i)

Riwayat yang lain menyebutkan dari Anas bin Malik bahwa Rasulullah bersabda: “Perbanyaklah membaca shalawat bagiku pada hari jum’at dan malam jum’at, sebab barangsiapa yang membaca shalawat kepadaku satu shalawat saja maka Allah akan membaca shalawat kepadanya sepuluh kali shalawat.” (HR. Baihaqi)

Alhamdulillah. Bersyukur kita kepada Allah jika senantiasa diberikan kemampuan untuk menjalan syariat mulia ini. Beruntunglah orang-orang yang senantiasa istiqamah memperbaiki amal-amal shalihnya. Termasuk dalam membaca shalawat nabi. Mari terus bershalawat : Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad.

Baca Juga

Aksi Cepat Bantu Pengungsi Gunung Agung

Aksi Cepat Bantu Pengungsi Gunung Agung

MitraFM.com – Aksi Cepat Bantu Pengungsi Gunung Agung. Baitul Maal Hidayatullah sebagai Laznas yang memiliki program sosial ...