RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Catatan Siar » 7 Kunci Meraih Rizki

7 Kunci Meraih Rizki

MitraFM.com– Rizki datang dari Allah. Tidak ada yang bisa memberi rizki kecuali Allah. Dan, Dialah yang menunjukkan bagaimana cara meraihnya.

Berikut 7 kunci meraih rizki dari Allah ‘Azza wa Jalla :

Bekerja dan Berusaha

Allah Ta’ala berfirman: “Jika telah ditunaikan shalat Jum’at maka bertebaranlah di muka bumi dan ingatlah Allah sebanyak-banyaknya agar kalian bahagia.” (QS. Al Jumu’ah : 10)

Bertebaran di muka bumi untuk menjemput riski Allah maksudnya.

Kunci kedua adalahh Takwa

Allah Ta’ala berfirman: “Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan jalan keluar baginya. Dan memberikan rizki kepadanya dari arah yang tidak disangka-sangkanya.” (QS. Ath Thala : 2)

Kunci rizki selanjutnya adalah Tawakkal.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: “Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Dia akan mencukupi (keperluan)nya.” (QS. Ath Thalaq : 3)

Rasulullah bersabda : “Seandainya kalian bertawakkal kepada Allah dengan sebenar-benar tawakkal, niscaya Dia akan memberikan rizki kepada kalian sebagaimana burung diberi rizki, pergi di pagi hari dalam keadaan perut kosong, (dan) pulang sore hari dalam keadaan kenyang.” (HR. An Nasai, Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Banyak bersyukur, semakin banyak yang ditambahkan.

Allah subhanahu wa Ta’ala berfirman : “Jika kalian bersyukur, sungguh Kami akan menambah untuk kalian (nikmat-Ku) dan jika kalian mengingkarinya, sesungguhnya adzab-Ku sangat keras.” (QS. Ibrahim : 7)

Berinfaq juga menjadi kunci meraih rizki.

Berinfaq mendatangkan rezeki dan karunia Allah. Dia berfirman : “Dan apa-apa yang kalian infaqkan dari sebagian harta kalian, maka Allah akan menggantinya.” (QS. Saba : 39)

Begitu juga dengan silaturrahim, ia menjadi kuncu rizki sebagaimana disebutkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dalam sabdanya : “Barangsiapa yang berkeinginan untuk dibentangkan rezeki baginya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah menyambung silaturohmi. (HR. Bukhari Muslim)

Dan, jangan tinggalkan Doa
Salah satu doa yang dicontohkan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam : “Ya Allah aku meminta kepadaMu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amalan yang diterima.” (HR. Ibnu Majah)

Semoga Allah mudahkan kita mendapat rizki yang halal dan barakah. Aamiin. Wallahu a’lam

 

Baca Juga

Syahidah Pertama, Sumayyah binti Khayyat

MitraFM.com– Tauhidnya begitu teguh, sekeras baja.  Cahaya iman di hatinya tak pernah redup. Ia rela ...