RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Catatan Siar » Nikmatnya Mendatangi Majelis Ilmu

Nikmatnya Mendatangi Majelis Ilmu

MitraFM.com– Sebagian besar orang mencari ketenangan dengan mengunjungi tempat wisata atau tempat hiburan. Mereka harus mengeluarkan biaya besar. Mengalokasikan waktu yang panjang bahkan harus berdesak-desak lelah. Sebut saja semisal datang ke konser musik atau berlibur ke puncak.

Saudaraku,

Orang beriman punya cara tersendiri dalam menjemput ketenangan jiwanya. Tidak perlu menunggu waktu liburan panjang atau ambil cuti. Tidak harus ke puncak dan bersesak-desak. Tidak perlu pula mengeluarkan biaya besar untuk memperolehnya. Ya, orang-orang beriman punya caranya yang khas mudah dan murah.

Orang-orang beriman datang ke majilis ilmu. Ia dengarkan al Qur’an dibaca dan kaji. Hadir di majelis ilmu telah dijamin baginya ketenangan jiwa dan rahmat pun diperoleh.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah Allah membaca Kitabullah dan saling mengajarkan satu dan lainnya melainkan akan turun kepada mereka sakinah (ketenangan), akan dinaungi rahmat, akan dikeliling para malaikat dan Allah akan menyebut-nyebut mereka di sisi makhluk yang dimuliakan di sisi-Nya.” (HR. Muslim)

Saudaraku,

Hadir dan mengikuti kajian ilmu akan diberikan padanya ketenangn jiwa. Bahkan jika pun kita membacanya sendiri, ketenangan jiwa pun lahir karenanya.

Al-Barra’ bin ‘Azib, ia berkata: “Ada seseorang yang sedang membaca (surat Al-Kahfi). Di sisinya terdapat seekor kuda yang diikat di rumah. Lantas kuda tersebut lari. Pria tersebut lantas keluar dan melihat-lihat ternyata ia tidak melihat apa pun. Kuda tadi ternyata memang pergi lari. Ketika datang pagi hari, peristiwa tadi diceritakan pada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, lantas beliau bersabda, “Ketenangan itu datang karena Al-Qur’an.” (HR. Bukhari)

Saudaraku,

Selain ketenangan, orang beriman akan memperoleh rahmat Allah tatkala hadir di majelis ilmu atau majelis dzikir.

Dikisahkan ketika Rasulullah meliwati sebuah majelis dzikir beliau berkata:  “Apa yang kalian ucapkan? Sungguh aku melihat rahmat turun di tengah-tengah kalian. Aku sangat suka sekali bergabung dalam majelis semacam itu.” (HR. Al-Hakim)

Selebihnya, para malaikat pun akan memayungi majelis ilmu dengan sayapnya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya malaikat meletakkan sayapnya sebagai tanda ridha pada penuntut ilmu.” (HR. Ibnu Majah)

Dan sungguh, orang-orang berada di majelis ilmu akan dibanggakan di sisi makhluk-Nya yang lebih mulia.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Allah Ta’ala berfirman: “Aku sesuai dengan persangkaan hamba-Ku pada-Ku. Aku bersamanya kala ia mengingat-Ku. Jika ia mengingat-Ku dalam dirinya, Aku akan mengingatnya dalam diri-Ku. Jika ia mengingat-Ku di suatu kumpulan, maka aku akan menyebut-nyebutnya di kumpulan yang lebih baik daripada itu.” (HR. Muslim)

Wallahu a’lam

Baca Juga

Juara 1 di Kabupaten, Santriwati ini Melaju ke Hifdzil Quran Tingkat Propinsi

Juara 1 di Kabupaten, Santriwati ini Melaju ke Hifdzil Quran Tingkat Propinsi

MitraFM.com – Juara 1 di Kabupaten, Santriwati ini Melaju ke Hifdzil Quran Tingkat Propinsi. Torehan prestasi menjadi ...