RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Catatan Siar » Akhlak Utama Seorang Mukmin

Akhlak Utama Seorang Mukmin

MitraFM.com– Seorang mukmin mulia dengan akhlaknya. Makin indah pribadinya nan penuh pesona dengan akhlak mulia. Dan, ketahuilah ada beberapa akhlak utama seorang mukmin yang menjadikan dirinya mulia, in sya Allah diantaranya :

Wara’ (Meninggalkan Subhat)

Rasulullah Sallallahu’Alaihi Wasallam bersabda: “Sesungguhnya yang halal itu jelas dan haram itu jelas dan di antara keduanya ada perkara-perkara yang samar, yang tidak diketahui oleh kebanyakan manusia. Maka barangsiapa memelihara (dirinya dari) segala yang samar, sesungguhnya ia memelihara agamanya dan kehormatannya. Dan barangsiapa jatuh kedalam perkara samar jatuhlah ia kedalam yang haram, seperti seorang pengembala yang mengembala di sekeliling kawasan larangan, hampir sangat (ternakannya) makan di dalamnya…” (HR. Bukhari dan Muslim)

Seorang mukmin mulia dengan menjaga pandangannya

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman : “Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang mereka perbuat.” (QS. an-Nur: 30)

Seorang mukmin mulia dengan menjaga Lisan

Rasulullah shallallhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Bukanlah seorang mukmin jika suka menuduh, melaknat, berkata kotor dan keji.” (HR. Tirmidzi)

Seorang mukmin memiliki sifat utama, pemalu

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Iman itu lebih daripada 70 cabang, yang paling utama mengucapkan La ilaha illallah dan yang paling rendah ialah membuang sesuatu yang menyakiti di tengah jalan, dan malu itu satu cabang daripada iman.” (HR. Muslim)

Malu adalah sifat yang menggerakkan seseorang meninggalkan keburukan dan menghalangnya dari mendzalimi orang lain.

Seorang mukmin selalu bersifat Lembut dan Sabar

Alllah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: “Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan.” (QS. Asy Syura: 43)

Rasulullah Sallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Sesungguhnya seorang hamba itu akan mencapai derajat orang-orang yang berpuasa dan shalat malam dengan sifat lemah-lembutnya.”

Demikianlah akhlak utama seorang mukmin. Semoga Allah mudahkan kita untuk meraihnya. Wallahu a’lam.

 

Baca Juga

Syahidah Pertama, Sumayyah binti Khayyat

MitraFM.com– Tauhidnya begitu teguh, sekeras baja.  Cahaya iman di hatinya tak pernah redup. Ia rela ...