RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Catatan Siar » Menjadi Pemakmur Masjid

Menjadi Pemakmur Masjid

MitraFM.com– Saudaraku,

Orang beriman senantiasa memakmurkan masjid. Hatinya terpaut dengan masjid. Mereka punya kebiasaan menghidupkan masjid dengan berbagai ibadah.

Ya, orang-orang beriman selalu rajin ke masjid. Shalat berjamaah, berdzikir, membaca al Qur’an, mendatangi majelis ilmu dan iktikaf di masjid. Itulah kebiasaannya.

Allah Ta’ala telah menyifati orang-orang yang memakmurkan masjid sebagai mukmin.

Allah Ta’ala berfirman: “Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan sholat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. at-Taubah: 18)

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Jika kamu melihat orang rajin mendangi masjid, maka persaksikanlah ia sebagai orang yang beriman.” (HR. Ahmad)

Saudaraku,

Termasuk diantara para pemakmur masjid adalah orang yang membangun dan membersihkan masjid.

Secara khusus tentang membangun masjid Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan keutamaannya.

Rasulullah bersabda:“Barangsiapa membangun masjid –karena mengharap wajah Allah- maka Allah akan membangunkan untuknya yang semisalnya di dalam syurga.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Riwayat yang lain disebutkan akan dibangunkan rumah di surga.

Catatannya, jika dilakukan ikhlas semata-mata karena Allah dan mengharap wajah Allah, meskipun masjid yang dibangun kecil maka akan dibalas dengan rumah di surga.

Nabi bersabda: “Barangsiapa membangun sebuah masjid karena Allah walau seukuran sarang burung atau lebih kecil dari itu, maka Allah akan membangunkan untuknya rumah di dalam syurga.” (HR. Ibnu Majah dan al-Baihaqi)

Saudaraku,

Makmurkan masjid dengan selalu menjaga kebersihan dan memberinya wewangian. Itulah sunnah yang dianjurkan.

‘Aisyah berkata :  “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan untuk membangun masjid-masjid di perkampungan-perkampungan, (lalu) dibersihkan dan diberi wewangian.”

Dan, memakmurkan masjid yang utama adalah menjadikannya tempat shalat, dzikir, baca al qur’an, menuntut ilmu dan iktikaf.  Wallallahu a’lam.

Baca Juga

Belajar Sehebat al Fatih

MitraFM.com– Dari sisi keshalihannya, Muhammad Al-Fatih disebutkan tidak pernah meninggalkan tahajud dan shalat rawatib sejak ...