RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Catatan Siar » 7 Nasihat Lukman al Hakim

7 Nasihat Lukman al Hakim

MitraFM.com– Sosok mulia itu bernama Lukman al Hakim. Namanya abadi di dalam  al Qur’an. Ia sangat istimewa dengan nasihat-nasihatnya yang menggugah.

Sungguh, dialog antara Lukman al Hakim dengan anaknya memberi pelajaran besar bagi siapa saja. Beberapa nasihat utama Lukman al Hakim kepada anaknya telah diabadikaan di dalam al Qur’an diantaranya :

Lukman merangan anaknya berbuat Syirik

Allah Ta’ala berfirman : “Dan (ingatlah) ketika Lukman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: “Hai anakku, janganlah kamu menyekutukan (Allah) sesungguhnya menyekutukaan (Allah) adalah benar-benar kedzaliman yang besar.” (QS. Lukman : 13)

Lukman perintahkan berbakti Kepada Kedua Orangtua

Allah Ta’ala berfirman : “Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.” (QS. Lukman : 14)

Lukman mengingatkan bahwa perbuatan Manusia Akan Dibalas Sempurna

AllahTa’ala berfirman :  “(Lukman berkata): “Hai anakku, sesungguhnya jika ada (sesuatu perbuatan) seberat biji sawi, dan berada dalam batu atau di langit atau di dalam bumi, niscaya Allah akan mendatangkannya (membalasnya). Sesungguhnya Allah Maha Halus lagi Maha Mengetahui.” (QS. Lukman : 16)

Lukman perintahkan anaknya untuk menegakkan Shalat

Allah Ta’ala berfirman : “Hai anakku, dirikanlah shalat..” (QS. Lukman : 17)

Lukman memerintahkan untuk bersabar atas segala hal yang menimpa.

Allah Ta’ala berfirman : “Dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah).” (QS. Lukman:17)

Lukman melarang bersifat sombong dan bangga diri

Allah Ta’ala berfirman :  “Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.” (QS. Lukman: 18)

Nasihat Lukman terakhir adalah perintah berakhlak baik dengan melembutkan suara saat bicara.

AllahTa’ala berfirman :  “Dan sederhanalah kamu dalam berjalan dan lunakkanlah suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai.”(QS. Lukman: 19)

Itulah 7 nasihatutama Lukman al Hakim yang diabadikan Allah dalam al Qur’an. Wallahu a’lam

 

Baca Juga

Syahidah Pertama, Sumayyah binti Khayyat

MitraFM.com– Tauhidnya begitu teguh, sekeras baja.  Cahaya iman di hatinya tak pernah redup. Ia rela ...