RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Catatan Siar » Kenali Sakit dari Warna Lidah

Kenali Sakit dari Warna Lidah

MitraFM.com– Saat tubuh mengalami beberapa masalah, biasanya tubuh juga akan memberikan pertanda yang dapat dilihat dengan kasat mata atau dirasakan pada beberapa bagian tubuh manusia. Salah satu bagian tubuh yang dapat mengindikasikan adanya masalah pada tubuh adalah lidah, khususnya dalam hal warna lidah yang ternyata dapat berubah ubah seiring adanya perubahan kondisi pada tubuh.

Normalnya, kita hanya mengetahui jika lidah memiliki warna merah muda. Namun, lidah kadang berubah warna sesuai dengan kondisi yang terjadi pada tubuh manusia. Diantara warna-warna tersebut adalah:

Lidah berwarna putih

Saat lidah mengalami perubahan ke warna putih, hal ini menandakan orang tersebut biasanya menderita tifus, namun warna putih pada lidah ini juga dapat menunjukkan gejala flu atau masalah pencernaan, jika warna putih ini tipis-tipis, biasanya orang tersebut sedang kekurangan darah.

Lidah berwarna kuning

Saat lidah mengalami warna kekuningan, dapat diindikasikan bahwa tubuh mengalami infeksi bakteri. Jika warna kuningnya agak kehijauan, maka infeksi bakteri sudah cukup tinggi. Warna kuning dapat berarti adanya panas tubuh yang berlebih, yang bisa disebabkan oleh adanya konsumsi rokok, makanan pedas, alkohol, atau adanya stress.

Lidah berwarna merah

Jika lidah anda menjurus ke warna merah, hal ini menandakan adanya aktifitas panas pada tubuh. Jika warna merah hanya ada di ujung lidah, hal ini menandakan adanya panas pada jantung, sementara itu jika warna mereah berada di ujung kanan atau kiri lidah, bisa jadi ada masalah di ginjal dan kandung empedu.

Lidah Warna Biru

Jika lidah mengalami perubahan warna ke warna biru, maka hal ini menandakan adanya darah yang dingin atau statis, tidak bergerak. Jika warna biru menjurus ke keunguan, berarti kondisi darah justru lebih parah.

Lidah berwarna ungu

Jika lidah berwarna keunguan, maka ada indikasi adanya aliran darah yang tidak lancar atau adanya demam. Bahkan, jika warna ungun meliputi seluruh bagian lidah, bagian organ dalam tubuh diindikasikan sedang mengalami panas yang cukup tinggi.

Semoga bermanfaat!

Baca Juga

Juara 1 di Kabupaten, Santriwati ini Melaju ke Hifdzil Quran Tingkat Propinsi

Juara 1 di Kabupaten, Santriwati ini Melaju ke Hifdzil Quran Tingkat Propinsi

MitraFM.com – Juara 1 di Kabupaten, Santriwati ini Melaju ke Hifdzil Quran Tingkat Propinsi. Torehan prestasi menjadi ...