RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Catatan Siar » Pertolongan Bagi Orang Bertakwa

Pertolongan Bagi Orang Bertakwa

MitraFM.com– Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

“Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rizki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS. At-Thalaq: 2 – 3)

Ibnu Atha’ilah berkata : “Jangan menuntut Allah karena terlambatnya permintaan yang telah engkau panjatkan kepada-Nya. Namun, hendaknya engkau koreksi dirimu, tuntut dirimu agar tidak terlambat melaksanakan kewajiban-kewajiban terhadap Tuhanmu.”

Sungguh, orang yang bertakwa akan memperoleh banyak fadhilah atau keutamaan dan pertolongan dari Allah Ta’ala di dunia dan di akhirat.

Di dunia mereka akan memperoleh barakah. Ya, orang yang bertakwa akan dilimpahi barakah. Barakah adalah kemanfaatan atas segala yang dianugerahkan. Ada kebaikan yang melimpah atas waktu, harta, keluarga dan semua yang dimilikinya.

Orang bertakwa juga akan diberikan makhraja atau jalan keluar yang lapang dari masalah-masalah yang dihadapinya. Jalan yang kebanyakan orang mengatakan mustahil. Namun Allah berikan jalan keluar itu sebagai balasan atas ketakwaannya.

Allah Ta’ala berfirman: “Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar.” (QS. at Thalaq : 2)

Orang bertakwa akan diberikan Rizqi yang tak terduga. Ya, ketika di dunia, Allah memberikan rizki dari arah yang tak disangka-sangka. Janji Allah yang pasti ditunaikan. Orang-orang yang bertakwa memperoleh haknya sebagaimana yang dijanjikan-Nya.

Allah Ta’ala berfirman : “Dan memberinya rizki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS. At Thalaq : 3)

Pertolongan Allah Ta’ala bagi orang yang bertakwa selanjutnya adalah kemudahan. Jalan keluar yang dijanjikan Allah bagi orang yang bertakwa dipertegas dengan cara yang mudah. Kemudahan yang berupa segala sesuatu yang mestinya ditempuh dengan berat namun dimudahkan dengan semudah mudahnya. Misalnya, sakit yang mestinya harus dioperasi tetapi Allah berikan kesembuhan dengan tanpa operasi. Dan, kemudahan-kemudahan lainnya.

Itulah beberapa pertolongan yang diberikan Allah bagi orang-orang yang bertakwa ketika di dunia. Kelak, di akhirat nanti orang yang bertakwa akan mendapatkan pahala besar, ampunan dan surga-Nya in sya Allah.

Semoga Allah Ta’ala memberikan kita nikmat dan hidayaah menjadi orang yang bertakwa. Wallahu a’lam.

Baca Juga

Biografi Singkat Mufassir

MitraFM.com– Sejatinya, ulama penulis tafsir al Qur’an begitu banyak. Setiap jaman selalu muncul ulama besar ...