RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Home » Catatan Siar » Keutamaan Hidup Bersama al Qur’an

Keutamaan Hidup Bersama al Qur’an

MitraFM.com– Hidup bersama al Qur’an adalah hidup menyatu dengan al Qur’an. Gemar membaca, mempelajari, mengamalkaan dan mengajarkan atau mendakwahkan al Qur’an.

Setiap yang hidup bersama al Qur’an dijamin hidupnya penuh kemuliaan dunia dan akhirat. Orang-orang yang hidup bersama al Qur’an akan mendapatkan kenikmatan-kenikmatan yang tidak diberikan kepada selainnya.

Sesungguhnya, orang yang hidup bersama al Qur’an dengan mempelajari dan mengajarkanya akan memperoleh gelar manusia terbaik.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Sebaik-baik kalian adalah siapa yang memperlajari al Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Al Bukhari)

Orang yang membaca al Qur’an akan memperoleh pahala yang melimpah. Tidak ada bacaan apapun yang menandingi al Qur’an. membacanya saja sebuah bentuk ibadah kepada Allah Ta’ala.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Barang siapa yang membaca satu huruf kitab Allah, maka ia akan mendapatkan satu kebaikan dengan huruf itu, dan satu kebaikan akan dilipatgandakan menjadi sepuluh. Aku tidaklah mengatakan Alif Laam Miim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan Mim satu huruf.” (HR. Tirmidzi)

Sangat beruntung orang yang terus membersamai al Qur’an setiap waktunya. Kelak, para pemaca al Qur’an akan memperoleh syafaat al Qur’an yang dibacanya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Bacalah al-Qur’an karena ia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada para ahlinya.” (HR. Muslim)

Membaca, mengkaji dan belajar al Qur’an akan menjadi sebab rahmat dan sakinah diturunkan Allah kepada para pecintanya. Bahkan Allah menyanjungnya di hadapan para makhluk.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Tidak berkumpul suatu kaum di salah satu rumah Allah Subhanahu wa Ta’ala sedang mereka membaca kitab-Nya dan mengkajinya, melainkan mereka akan dilimpahi ketenangan, dicurahi rahmat, diliputi para malaikat, dan disanjungi oleh Allah di hadapan para makhluk dan di sisi-Nya.” (HR. Abu Dawud)

Kelak, para pecinta al Qur’an akan memperoleh kedudukan tinggi di Surga.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Dikatakan kepada pembaca al-Qur’an: “Bacalah (al-Qur’an), naiklah (pada darajat-darajat surga) dan bacalah dengan tartil sebagaimana engkau membacanya dengan tartil didunia. Sesungguhnya kedudukan derajatmu sehingga kadar akhir ayat yang engkau baca.” (HR. Ahmad)

Sesungguhnya, keutamaan orang yang hidup bersama al Qur’an juga akan diberikan kepada orangtua kita. Mereka dimuliakan karena anak-anaknya hidup bersama al Qur’an.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Siapa saja membaca al-Qur’an, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan kepada kedua orang tuanya pada hari kiamat mahkota dari cahaya dan sinarnya bagaikan sinar matahari, dan dikenakan pada kedua orang tuanya dua perhiasan yang nilainya tidak tertandingi oleh dunia. Keduanya pun bertanya, ‘bagaimana dipakaikan kepda kami semuanya itu?’ Dijawab, ‘karena anakmu telah membawa al-Qur’an”. (HR. Al-Hakim)

Semoga Allah mudahkan kita untuk senantiasa hidup bersama al Qur’an. Wallahu a’lam.

Baca Juga

Makanan Pokok untuk Suku Anak Dalam

Makanan Pokok untuk Suku Anak Dalam

MitraFM.com – Makanan Pokok untuk Suku Anak Dalam. Hidup seperti orang pada umumnya tentu pilihan yang tidak ...