RADIO MITRA 97.0 FM KOTA WISATA BATU | INSPIRASI KELUARGA ANDA | Interaktif | Telp 0341-597 440 | SMS dan WhatsApp 081 333 74 9797 | Facebook: Radio Mitra 97.0 FM | Twitter: @mitra97fm | Instagram: @radiomitra97fm | Alamat: Jalan Wukir no.4 Temas - Kec. Batu - Kota Wisata Batu - Malang - Jawa Timur - Indonesia | www.mitrafm.com |

Mitra Update
Home » Catatan Siar » Kharakter Orang Shalih

Kharakter Orang Shalih

MitraFM.com– Orang shalih selalu punya kharakter istimewa. Dia adalah orang-orang yang selalu memperbaiki diri dengan amal-amal shalih dan taubat.

Sempatutnya kita mencontoh dan mengikuti mereka. Diantara kharakter orang-orang shalih tersebut adalah :

Mereka selalu mengajak pada kebaikaan mencegah kemungkaran.

Allah Ta’ala berfirman: “Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah.” (QS. Ali Imran: 110)

Orang-orang shalih juga berkharakter lembut dan sabar ketika berdakwah.  Allah Ta’ala berfirman : “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah  dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik.” (QS. An Nahl: 125)

Di ayat yang lain Allah Ta’ala berfirman: “Dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah).” (QS. Luqman: 17)

Orang shalih selalu menghidupkan shalat malam. Shalat malam menjadi identitas yang melekat pada diri orang-orang mulia ini.

‘Aisyah radhiyallahu ‘anha menceritakan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa menunaikan shalat malam. Sampai kakinya pun terlihat memerah (pecah-pecah). ‘Aisyah mengatakan, “Kenapa engkau melakukan seperti ini wahai Rasulullah, padahal Allah telah mengampuni dosa-dosamu yang lalu dan akan datang?”. Beliau lantas mengatakan, “(Pantaskah aku meninggalkan tahajjudku?) Jika aku meninggalkannya, maka aku bukanlah hamba yang bersyukur.” (HR. Al Bukhari)

Orang shalih senantiasa tegar ketika menghadapi ujian, namun mereka tidak mengharap datangnya musibah.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya ujian yang berat akan mendapatkan pahala (balasan) yang besar pula. Sesungguhnya Allah jika ia mencintai suatu kaum, pasti Allah akan menguji mereka. Barangsiapa yang ridho, maka Allah pun ridha padanya. Barangsiapa yang murka, maka Allah pun murka padanya.” (HR. Tirmidzi)

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Janganlah kalianmengharapkan bertemu dengan musuh tapi mintalah kepada Allah keselamatan. Dan bila kalian telah berjumpa dengan musuh bersabarlah.” (HR. Al Bukhari)

Kharakter utama orang shalih tercermin dari akhlaknya yang mulia. Akhlak mulia menghias pribadinya dan terpancar pada perilaku dan sikapnya. Dialah yang mendapatkan cinta dari rasulullah.

Beliau Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:“Sesungguhnya di antara orang yang paling aku cintai dan yang tempat duduknya lebih dekat kepadaku pada hari kiamat ialah orang yang bagus akhlaqnya.” (HR. Tirmidzi)

Tentu saja masih banyak karakter yang selalu melekat pada diri orang-orang shalih dan merupakan kekhasannya. Misalnya rajin sholat jamaah, membaca al Qur’an dll. Wallahu a’lam

Baca Juga

Aksi Cepat Bantu Pengungsi Gunung Agung

Aksi Cepat Bantu Pengungsi Gunung Agung

MitraFM.com – Aksi Cepat Bantu Pengungsi Gunung Agung. Baitul Maal Hidayatullah sebagai Laznas yang memiliki program sosial ...